The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pengamat Sebut Jabatan Menteri Sebaiknya Cukup Satu Periode
photo/ANTARA FOTO/Bernadus Tokan
Forum

Pengamat Sebut Jabatan Menteri Sebaiknya Cukup Satu Periode

Senin, 05 Agustus 2019 14:17 WIB 05 Agustus 2019, 14:17 WIB

INDOZONE.ID - Dr. Johanes Tuba Helan, MHum, selaku Pengamat hukum tata negara dari Universitas Negeri Nusa Cendana (Undana) Kupang, mengatakan bahwa jabatan menteri di kabinet kerja Jokowi sebaiknya diberikan cukup satu periode saja.

"Sebaiknya jabatan menteri cukup satu periode saja, supaya semua kader partai yang sudah berjuang memenangkan calon presiden dapat kebagian untuk jadi menteri dan jabatan lain," kata Johanes Tuba Helan kepada Antara di Kupang, Senin.

Dia menyampaikan hal tersebut, berkaitan dengan komposisi kebinet Jokowi-Ma'ruf Amin lima tahun mendatang, dan perlu tidaknya keterwakilan daerah.

Selain itu, dia mengatkan bahwa menteri yang sudah melaksanakan tugas pembantu presiden selama lima tahun terakhir tidak perlu diangkat lagi, namun memberikan kesempatan kepada kader bangsa yang lain.

"Banyak orang Indonesia yang profesional dan berintegrasi, sehingga Jokowi perlu memberikan kesempatan, termasuk dari kalangan muda," katanya.

Lebih lanjut, dia juga memberikan saran supaya di dalam penyusunan kabinet kerja pada lima tahun ke depan, Jokowi perlu untuk mempertimbangkan keterwakilan daerah karena Indonesia berbhineka.

TAG
Indozone
Zal
Zal
Writer
Zal
Reporter
JOIN US
JOIN US