5 Menteri Terbaik Presiden Jokowi Versi Netizen di Akhir Tahun 2022, Erick Thohir Nomor 1

- Kamis, 12 Januari 2023 | 09:57 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Social Media Monitoring &Analysis pertama di Indonesia, MediaWave melakukan monitoring dan analisis percakapan serta pemberitaan media sosial terkait para menteri di Kabinet Indonesia Maju selama periode 1-31 Desember 2022. 

Dari data percakapan tersebut, MediaWave juga menganalisis persepsi publik yang terbagi menjadi 3 parameter, yaitu sentimen positif, sentimen negatif dan sentimen netral.

Ketiganya kemudian dibuat menjadi suatu formulasi yang dinamakan ‘Earned Media Share of Sentiment’ atau yang disingkat dengan EMSS. 

Formula EMSS menghitung seberapa besar jumlah percakapan dan Net Sentiment terhadap menteri. Semakin besar persentase EMSS suatu menteri, artinya menteri tersebut mendapat porsi jumlah percakapan yang besar serta sentimen positif yang cukup tinggi. 

Pemeringkatan itu menggunakan metode EMSS yang dapat dijadikan indikator capaian serta penerimaan atas kinerja institusi maupun pejabat publik.  

Tingginya EMSS menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan serangkaian capaian program kerja yang berhasil dituntaskan selama paruh tahun 2022 lalu. 

Selain itu, pemberitaan melalui media online dan sosialisasi media sosial menteri Erick Thohir yang beragam menunjukkan prestasi yang jauh melampaui portofolio kementerian. 

Baca Juga: Jawab Isu Reshuffle Menteri di Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi: Ditunggu Saja!

Poin penting lain dari pengukuran ini memperlihatkan penerimaan dan apresiasi publik atas kinerja para pejabat publik. Kelima menteri memperoleh sentimen positif, di mana apresiasi netizen kepada Erick Thohir adalah yang tertinggi.

Dari hasil analisis, berikut diperoleh 5 daftar menteri terbaik era Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial akhir tahun 2022:

1. Menteri BUMN, Erick Thohir

-
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

EMSS: 23.11%

Total percakapan: 220,518

Top isu yang dibicarakan:

  • Menteri BUMN menerima penghargaan sebagai menteri terbaik dalam CNBC Indonesia Awards 2022.
  • Hasil survei nasional Poltracking Indonesia yang menempatkan Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik.
  • Konsep ‘Festival Budaya’ yang dirancang oleh Erick Thohir pada pernikahan Kaesang mendapat pujian dari publik.
  • Pernyataan Menteri BUMN bahwa PSSI harus dibongkar total demi menciptakan ekosistem sepak bola Indonesia yang lebih baik mendapat dukungan dari publik.
  • Kehadiran Erick Thohir sebagai komentator pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 di program tv swasta.
  •  Kunjungan dan program kerja Menteri BUMN di Sumatera Bara
  • Erick Thohir dinilai sebagai cawapres yang dapat memenangkan Prabowo Subianto di 2024 dalam hasil survei lembaga SPIN.
  • Ganjar Pranowo dan Erick Thohir digadang-gadang sebagai sosok pemimpin yang memikirkan rakyat dan cocok disandingkan pada Pilpres 2024.

2. Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini

-
Menteri Sosial Tri Risma Harini (kiri). (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

EMSS: 2.67%

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X