Fasilitasi Anak Muda Papua, Menteri di Kabinet Indonesia Maju Puji Pembangunan Gedung PYCH

- Rabu, 22 Maret 2023 | 13:42 WIB
Presiden Jokowi meresmikan PYCH, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (21/03/2023). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi meresmikan PYCH, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (21/03/2023). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub dengan fasilitas lengkap bagi anak muda di bumi Cendrawasih, Selasa (21/3/2023). Diharapkan gedung ini bisa menjadi sarana sarana pengembangan bagi talenta-talenta muda Papua agar kedepan bisa memajukan tanah Papua.

Mengenai hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Pria yang akrab disapa Sandi ini mengatakan gedung PYCH ini membuat bangga masyarakat Papua, khususnya anak-anak muda di sana.

"Ini gedung luar biasa. Dalam waktu sekitar 450 hari, gedung yang berkearifan lokal dibangun dengan cepat dan berkualitas baik bisa dihadirkan masyarakat Papua, khususnya anak muda," ungkap Sandi dalam keterangannya, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga: Resmikan PYCH di Jayapura, Presiden Jokowi Ingin Fasilitasi Generasi Muda Papua

Sandi mengatakan, gedung PYCH ini sangat mendukung ekonomi kreatif karena di dalamnya terdapat UMKM-UMKM yang tumbuh dan berkembang di PYCH Store binaan anak muda Papua 

"Ini tentu berpengaruh pada ekonomi kreatif. Saya sangat mengapresiasi dan sukses untuk Papua Youth Creative Hub," urai dia.

"Kami akan bantu mulai dari pelatihan, pendampingan, pemasaran, hingga perizinan dan pelaporan hak kekayaan intelektual yang tadi sudah didaftarkan. Terakhir pembiayaan. Kami akan bantu dari perbankan atau non perbankan untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif di sini," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini juga memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah menwujudkan wadah bagi anak muda Papua dalam mengembangkan talenta-talenta mereka.

"Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan karya yang indah untuk anak bangsa di Papua. Sekarang guys, anak muda Papua, kalian punya tempat untuk berkreasi," kata Risma.

Dengan adanya PYCH ini, Risma berharap anak muda Papua bisa membawa nama baik Papua hingga ke penjuru dunia.

"Bawa nama Papua, bukan hanya indonesia, melainkan juga seluruh dunia. Selamat berkarya dan selamat untuk perjuangan kalian. Sukses selalu untuk anak muda Papua ," ucapnya.

Untuk diketahui, beragam program yang sudah berjalan di gedung ini dapat diikuti anak-anak muda Papua dari berbagai kalangan dan daerah, meliputi pelatihan dan  pengembangan minat-bakat bahkan pembinaan kewirausahaan sekaligus pemasaran. 

-
Presiden Jokowi saat meresmikan Papua Youth Creative Hub di Jayapura. (Dok Setkab)

Di antaranya pelatihan seni kriya ragam suvenir khas Papua, kuliner, desainer, dan modeling, seni tari, puisi, podcast, fotografi, seni pahat, seni suara, dan musik. Juga ada pelatihan perakitan, reparasi gadget, PC, dan laptop oleh Puslitbang BIN hingga bimbingan tes sekolah kedinasan. 

Baca Juga: Gelontorkan Dana Rp1.036 Triliun, Presiden Jokowi: Tanah Papua Jadi Prioritas Pembangunan

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X