Suksesnya KTT G20 Bisa Jadi Jembatan bagi Menteri yang Bakal Nyapres

- Kamis, 17 November 2022 | 20:12 WIB
Logo G20. (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Agung Rajasa).
Logo G20. (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Agung Rajasa).

Perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang diselenggarakan 15-16 November kemarin, berlangsung secara sukses. Bahkan suksesnya pertemuan pimpinan negara itu bisa saja menjadi ajang untuk mendongkrak elektabilitas menteri yang digadang-gadang maju dalam Pilpres 2024.

Menurut Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkapkan kegiatan G20 bisa menjadi jembatan untuk mendongkrak elektabilitas menteri yang diprediksi maju di dalam Pilpres 2024.

"Jelas bisa meningkatkan elektabilitas. Karena ini bisa menjadi portofolio bagi menteri sebagai upaya untuk mem-branding diri atau bagian dari marketing politik yang kemudian menjadi nilai plus dari kerja-kerja menteri tersebut," tegas Herry kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Dikemanain Mobil Listrik Bekas Delegasi KTT G20?

Dia pun mencontohkan semisalnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ataupun Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Herry menerangkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto bisa menangguk manfaat elektoral dari gelaran G20. 

"Termasuk Airlangga maupun Prabowo dan menteri-menteri lainnya yang berkaitan dengan kegiatan G20. Jadi hal ini bisa membuat elektabilitas menteri itu meningkat, salah satunya Betul, menurut saya yang bisa menunggangi acara ini adalah Menko Perekonomian dan menteri-menteri yang kaitannya dengan bidang ekonomi," bebernya.

Baca Juga: Kronologi Xi Jinping 'Marah' ke PM Kanada di KTT G20

Hal itu disebabkan G20 berfokus pada isu ekonomi, sedangkan Airlangga saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI. Sehingga Airlangga mendapat peran cukup besar dalam gelaran tersebut.

"Jelas G20 ini kan kaitannya dengan negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Artinya lebih condong pada orientasi ekonomi. Tentunya kita tahu bahwa Menko Perekonomian adalah Airlangga Hartarto. Pasti akan berimplikasi ke beliau," ujarnya.

Terpisah, Politisi Partai Golkar Melkiades Laka Lena mengatakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sangat memprioritaskan kepentingan bangsa dan negara, tanpa melupakan tugasnya sebagai Ketum. 

“Pak Airlangga Hartarto prioritaskan kepentingan bangsa negara sebagai Menko Perekonomian RI dengan berbagai tugas dari presiden Jokowi di dalam dan luar negeri serta tetap mengelola waktu dgn efektif sbg Ketum DPP Partai Golkar,” tutur Melki.

Tidak heran, kata Melki, Airlangga begitu aktif dalam membawa misi perekonomian Indonesia di berbagai kancah internasional seperti KTT ASEAN, KTT G20, KTT APEC,  maupun kunjungan yang sifatnya bilateral. Meski begitu Ketum Airlangga tidak melupakan tugasnya sebagai Ketum Golkar. 

“Dia memimpin dan mengelola DPP Partai Golkar sampai tingkat bawah dibantu jajaran pengurus DPP PG, DPD PG l dan DPD PG II se Indonesia sampai level pengurus desa kelurahan.” jelas Melki. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X