Mahfud MD: Gak Cuma Pak Luhut yang Banyak Jabatan, Saya Juga

- Kamis, 25 Mei 2023 | 17:56 WIB
Menkopolhukam, Mahfud MD. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Menkopolhukam, Mahfud MD. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, mengungkapkan bahwa ia telah menduduki beberapa jabatan penting dalam pemerintahan Indonesia. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang kini dipegang oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Mahfud saat berlangsungnya Rapat Koordinasi Pengendalian Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2023 di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, pada hari Kamis (25/5/2023).

"Orang bilang Pak Luhut banyak sekali jabatannya? Saya juga banyak," kata Mahfud.

Baca Juga: Mahfud MD: Presiden Jokowi Ingin Proyek Menara BTS Dilanjutkan

Mahfud mengaku terkejut saat mengetahui bahwa sebagai seorang menteri, dirinya juga harus memegang beberapa jabatan lainnya.

"Saya ini selaku Ketua Dewan Pengarah BNPP. Saya baru agak kaget juga itu jabatan saya banyak sekali," ucapnya dengan nada bercanda.

Ketidaktahuan Mahfud terungkap ketika Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengajaknya dalam peresmian Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Tito bertanya, "Loh, bapak ketuanya. Kok belum tahu?"

"Ya, memang belum tahu," balas Mahfud.

Selain itu, Mahfud juga menyebut beberapa jabatan lain yang diembannya, seperti Ketua Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (Komite TPPU), Ketua Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Pengarah Badan Keamanan Laut (Bakamla), Ketua Kompolnas, dan Ketua Pengarah Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

 "Itu yang struktural," ucap Mahfud.

Tak cuma memiliki jabatan struktural yang beragam, Mahfud juga memiliki beberapa jabatan ad hoc, antara lain sebagai Ketua Tim Pemantau Pelaksanaan Penyelesaian dan Ketua Pilar Masyarakat Politik dan Keamanan ASEAN.

Baca Juga: Usai Salat Id, Mahfud MD Komentari Rumor Dirinya Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Belum lama ini Mahfud MD ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi Plt Menteri Komunikasi dan Informatika, usai Menkominfo Johnny G Plate jadi tersangka korupsi proyek BTS.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X