Pencopotan Brigjen Endar Disebut Terkait Penyelidikan Kasus Formula E, KPK Beri Bantahan!

- Rabu, 5 April 2023 | 11:16 WIB
Brigjen Endar Priantoro (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Brigjen Endar Priantoro (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Brigjen Endar Priantoro telah melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan Sekretaris Jenderal Cahya Hardianto Harefa ke Dewan Pengawas (Dewas), Selasa (4/4/2024) kemarin.

Adapun Endar melaporkan Firli dan Cahya karena tidak terima diberhentikan dari jabatan Direktur Penyelidikan (Dirlidik) KPK.

KPK lantas membantah soal rumor, bahwa Endar dicopot dari posisinya lantaran berbeda pendapat dalam penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E.

-
Brigjen Endar Priantoro (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Baca Juga: Dewas KPK Bakal Pelajari Laporan Brigjen Endar Priantoro terhadap Firli Bahuri!

“Kami pastikan juga rotasi dan promosi jabatan struktural di KPK, sama sekali tidak ada kaitan dengan proses penanganan perkara di KPK,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Rabu (5/4/2023).

Namun, Ali tidak menampi, bahwa setiap penanganan kasus di KPK kerap memunculkan adanya perbedaan pendapat. Ali menilai itu merupakan sesuatu yang wajar.

“Karena itu yang menjadi ciri kekhasan KPK yang menjunjung asas egaliter sesama insan KPK,” ujarnya.

Perbedaan Pendapat Kerap Terjadi dalam Penanganan Kasus di KPK

Lebih lanjut, Ali mengungkapkan, penanganan perkara di lembaga antirasuah tidak selalu berjalan dalam kerangka pemikiran yang sama. Ia menyebut, selalu ada dinamika dalam setiap proses hukum di KPK.

“Memangnya di KPK sejak berdiri sampai hari ini selalu satu pikiran semua? Kami pastikan tidak, selalu ada dinamika,” tandasnya.

Dia mengklaim, perbedaan pendapat dalam penanganan perkara adalah hal yang baik. Sebab, pengambilan keputusan nantinya makin matang dan bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Diduga Pencopotan Dirinya di KPK terkait Formule E, Ini Respons Brigjen Endar Priantoro

“Di situlah kekayaan khasanah KPK, beda berpendapat itu baik untuk memastikan pengambilan keputusan akhir akan matang dan dapat dipertanggungjawabkan,” pungkas Ali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X