The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bangunan 5 Lantai di Tiongkok Ini Dipindahkan Menggunakan Mesin!
Bangunan 5 lantai di Tiongkok saat dipindahkan memakai mesin (photo/YouTube/SCMP)
Tech

Bangunan 5 Lantai di Tiongkok Ini Dipindahkan Menggunakan Mesin!

Definisi sebenarnya dari pindah rumah, rumahnya juga ikut pindah!

Sabtu, 21 November 2020 14:25 WIB 21 November 2020, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Biasanya jika kita ingin pindah rumah, pasti kita akan meninggalkan rumah lama dan pindah ke rumah baru. Pasalnya rumah lama yang dibangun di tanah tentu tak mungkin dipindahkan ke lokasi baru. Namun hal tersebut mungkin di Tiongkok.

Bagaimana tidak, belum lama ini ada sebuah bangunan tua lima lantai yang diketahui dipindahkan menggunakan mesin khusus yang dapat mengangkat bangunan sebesar 7.600 ton tersebut dan dibawa ke tempat baru. Tentu ini merupakan hal yang menarik!

Baca Juga: OPPO X 2021 Diumumkan Sebagai Smartphone Pertama yang Dapat Memanjang!

Diketahui bahwa bangunan tersebut merupakan sebuah sekolah tua yang cukup bersejarah. Maka dari itu sangat sayang jika bangunan tersebut dihancurkan sehingga pemerintah Tiongkok memutuskan untuk memindahkan bangunan tersebut dengan memakai bantuan robot canggih.


Untuk memindahkan bangunan yang sangat besar tersebut, dibutuhkan setidaknya 198 robot dan ditaruh ke bagian bawah dari bangunan tersebut. 198 robot ini nantinya akan saling berkomunikasi satu sama lain agar menghasilkan pergerakan sehingga bangunan yang sudah terangkat tersebut bisa berpindah tempat.

Bahkan salah satu pekerja dari Shanghai Evolution Shift yang bekerja dalam project ini mengaku bahwa selama 23 tahun pengalamannya, ia tidak pernah memindahkan bangunan dengan ukuran sebesar ini.

Baca Juga: MrBeast Ajak Para YouTuber untuk Buat YouTube Rewind 2020 Sendiri!

"Selama 23 tahun saya bekerja di sini, saya tak pernah melihat ada perusahaan lain yang bisa memindahkan bangunan tersebut saja sekali," ucap Lan Wuji dari Shanghai Evolution Shift seperti dikutip dari CNN.

Diketahui untuk memindahkan bangunan tersebut ke tempat baru, dibutuhkan waktu 18 hari agar proses pemindahan tersebut selesai. Nantinya tempat lama dari bangunan tersebut akan dibuat menjadi sebuah gedung kantor yang disebut akan selesai tahun 2023.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US