Banjir Tak Kunjung Surut, Warga di Desa Sowan Kidul Jepara Mulai Keluhkan Hal Ini

- Selasa, 28 Februari 2023 | 15:46 WIB
Banjir di desa Sowan Kidul, Jepara, Jawa Tengah. (Z Creators/Dedy Setyawan)
Banjir di desa Sowan Kidul, Jepara, Jawa Tengah. (Z Creators/Dedy Setyawan)

Curah Hujan yang tinggi di wilayah Jepara, Jawa Tengah, mengakibatkan luapan sungai Jratunseluna sehingga ratusan rumah di desa Sowan Kidul, Jepara, Jawa Tengah, tergenang banjir

Akibat genangan banjir ini, aktivitas warga terganggu, bahkan beberapa diantaranya mengeluhkan gatal-gatal dan masuk angin.

Berdasarkan pantauan Tim Z Creators, Senin (27/2/2023), genangan banjir kembali menggenangi pemukiman warga desa Sowan Kidul. Setidaknya ada 248 kepala keluarga terdampak akibat genangan banjir ini.

Baca Juga: Diguyur Hujan Sejak Semalam, Banjir di Kabupaten Bekasi Meluas dan Rendam 73 Titik

Ketinggian banjir mencapai pinggang orang dewasa atau sekitar 50 sentimeter. Sebagian besar rumah warga kemasukan air sehingga mengganggu aktivitas warga. Bahkan seorang lansia harus dievakuasi dengan gerobak karena rumahnya terendam banjir.

Banjir di desa Sowan Kidul ini terjadi akibat luapan sungai Jratunseluna yang berlokasi mengelilingi perkampungan penduduk, kondisi sungai yang telah dangkal dan tak mampu mengalirkan debit air tinggi.

-
Banjir di desa Sowan Kidul, Jepara, Jawa Tengah. (Z Creators/Dedy Setyawan)

Siti Solihah, warga desa Sowan Kidul saat ditemui mengatakan banjir di desa Sowan Kidul Jepara ini menjadi banjir ke dua dalam sepekan terakhir. Sebelumnya banjir sudah surut, namun karena curah hujan yang tinggi luapan sungai kembali terjadi sejak senin pagi.

“Kemarin (sabtu) air sempat surut mas, karena hujan yang tak kunjung reda selama dua hari sampai saat ini, sungai kembali meluap hingga masuk ke dalam rumah," ujar Solihah kepada tim Z Creators.

Baca Juga: Jakarta Diguyur Hujan, 24 RT di Ibu Kota Terendam Banjir

Warga berharap, pemerintah segera normalisasi sungai Jratunseluna sehingga aliran sungai kembali normal. Akibat banjir yang melanda desa Sowan Kidul ini akses jalur dari Sowan Kidul menuju ke Tedunan terendam sehingga pengendara motor yang lewat menjadi mogok. 

Artikel Menarik Lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Z Creators

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X