Bongkar Dugaan Korupsi Menkominfo, Kejagung Bakal Periksa Dirjen Anggaran Kemenkeu

- Minggu, 21 Mei 2023 | 13:32 WIB
Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung, Febrie Adriansyah. (Z Creators/Mentari Meida)
Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung, Febrie Adriansyah. (Z Creators/Mentari Meida)

Kejaksaan Agung (Kejagung) terus melakukan pendalaman terkait kasus dugaan korupsi pembangunan tower BTS yang menjerat Menkominfo RI, Johnny G Plate. Salah satu yang akan dilakukan adalah dengan memeriksa kembali Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Isa Rachmatarwata.

Menurut Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung, Febrie Adriansyah, mengatakan, penyidik akan menelusuri pihak-pihak terkait dalam kasus ini. Hal ini dilakukan guna membongkar secara menyeluruh pihak-pihak yang terlibat dalam praktik culas tersebut.

Terkait pemeriksaan terhadap Isa Rachmatarwata, Febrie menyebut peluang tersebut juga terbuka. Apalagi, Isa merupakan pihak yang terlibat dalam pencairan anggaran proyek tahun jamak ini.

Baca Juga: Menkopolhukam Janji Terus Kawal Kasus Dugaan Korupsi Menkominfo

"Untuk mendalami ini, pasti kita juga akan menelusurinya. Kita dalami, kita periksa pihak yang mencairkan," ujar Febrie di kantornya.

Pemeriksaan tersebut, lanjut Febrie, akan dilakukan termasuk pada kemungkinan adanya pengaturan dalam pencairan anggaran tersebut.

"Itu (indikasi pengaturan) termasuk yang akan kita dalami," katanya.

-
Menkominfo Johnny G Plate tersangka korupsi. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata sudah menjalani pemeriksaan Januari dan Februari lalu. Pemeriksaan terhadap Isa berlangsung pada Selasa (31/1/2023) dan Senin (6/2/2023).

Dari pemeriksaan itu, penyidik menemukan adanya upaya pencairan anggaran proyek tower BTS ini sebesar 100 persen.

Anggaran proyek tower BTS yang dicairkan mencapai nilai total Rp 10 triliun. Jumlah tersebut berasal dari proyek pengadaan BTS paket 1, 2, 3, 4, dan 5.

Baca Juga: Presiden Yakin Kejagung Profesional Tangani Kasus Dugaan Korupsi Menkominfo

"Sekitar 10 triliunan. Semuanya langsung cair," kata Kasubdit Penyidikan Direktorat Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung, Haryoko Ari Prabowo awal Februari lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone.Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini. 

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X