Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Masih Unggul dari Anies dan Prabowo 

- Kamis, 22 Desember 2022 | 19:00 WIB
Kiri-kanan: Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO)
Kiri-kanan: Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO)

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia merilis survei terbaru mengenai elektabilitas calon presiden (capres) jika Pemilihan Presiden (Pilpres) diselenggarakan hari ini. Hasilnya nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih teratas, kemudian diikuti oleh Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Sebagaimana dalam temuan hasil survei dari Charta Politika, elektabilitas Ganjar berada di angka 42,8 persen. Kemudian di posisi kedua ada Anies Baswedan yang mendapatkan 28,1 persen dan Prabowo Subianto dengan 23,9 persen. Untuk responden yang tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 5,2 persen. 

"Mas Ganjar naik di angka 42,8 persen jauh meninggalkan Anies diangka 28,1 yang Pak Prabowo di angka 23,9 persen," kata Direktur Charta Politika Yunarto Wijaya, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga: Simulasi Paslon Versi Charta Politika: Ganjar-Prabowo Paling Diminati Pemilih

-
Elektabilitas capres di 3 nama. (Dok Charta Politika).

Sementara untuk elektabilitas di 10 nama calon, Ganjar Pranowo juga unggul dengan elektabilitas sebesar 31,7 persen. Posisi kedua ada Anies Baswedan dengan 23,9 persen, Prabowo Subianto 23,0 persen, Ridwan Kamil di angka 5,8 persen, lalu ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,3 persen.

Kemudian ada nama Sandiaga Uno mendapat 2,0 persen, Puan Maharani dengan 1,5 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,2 persen, Erick Thohir 1,1 persen, Airlangga Hartarto 0,7 persen. Tidak tahu atau tidak jawab ada 6,8 persen.

-
Elektabilitas 10 nama di survei Charta Politika. (Dok Charta Politika)

Dalam survei ini juga memperlihatkan elektabilitas Anies Baswedan yang mulai mengunggulai Prabowo Subianto dalam dua bulan terakhir yakni tepatnya di bulan November dan Desember. Sementara elektabilitas nama lainnya masih berada di bawah 10 persen.

Baca Juga: Sudah Keliling Daerah, NasDem Bantah Anies Curi Start Kampanye

Sekedar informasi, Charta Politika ini diselenggarakan pada 8-16 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih.

Survei menggunakan metode wawancara tatap muka, dan sebaran responden mencapai 34 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Dengan metode sampling menggunakan multistage random sampling, survei ini melibatkan 1.220 responden. Sementara, margin of error dengan ukuran sampel tersebut adalah sebesar 2,82 persen. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X