Soal Deklarasi Capres, PDIP Masih Tunggu Momentum yang Baik

- Jumat, 16 Desember 2022 | 18:00 WIB
Sekertaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto (Indozone/Harits Tryan Akhmad)
Sekertaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto (Indozone/Harits Tryan Akhmad)

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa keputusan soal calon presiden (Capres)-calon wakil presiden (Cawapres) yang diusung partainya akan disampaikan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Ibu Mega lah yang nanti akan memutuskan siapa yang akan dicalonkan PDI Perjuangan,” kata Hasto kepada wartawan, Jumat (16/12/2022).

Baca Juga: PDIP Nomor Urut Tiga di Pemilu 2024, Ganjar: Menang Total, Hattrick!

Lebih lanjut, Hasto membeberkan bahwa PDIP takkan memilih capres-casapres hanya berdasarkan aspek elektoral semata. Namun juga didasarkan pada karakter calon pemimpin, dan bagaimana kinerjanya.

Selain itu, akan diperhitungkan pula aspek kedekatan antara calon pemimpin dengan rakyat yang akan diayominya.

“Kalau dari PDI Perjuangan jelas keputusan tidak hanya berdasarkan aspek elektoral, tapi juga didasarkan karakter pemimpin, kinerja pemimpin, dan bagaimana pemimpin itu menyatukan dengan kekuatan rakyat lalu mampu memberikan jawaban atas berbagai masalah rakyat, dan memiliki desain bagi masa depan. Itu tugas pemimpin,” urai Hasto.

Baca Juga: Tetap Pakai Nomor Urut 3 di Pemilu 2024, Sekjen PDIP: Salam Metal!

Ketika disinggung mengenai kapan pengumuman capres tersebut, Hasto tidak menjawab secara gamblang. Tapi ia berkata sampai sekarang ini masih menunggu momentum yang baik.

“Nanti menunggu momentum yang baik,” jawab Hasto.

Ia menuturkan bilamana momentum yang baik untuk deklarasi itu sendiri harus memperhatikan berbagai aspek. Termasuk aspek politik, kondisi sosial ekonomi masyarakat, kondusivitas sosial, hingga kerja sama antar parpol.

“Bahkan harus dilihat bagaimana dinamika politik internasional. Tentu juga dilihat kesiapan partai, kesiapan pendukungnya, semua dilihat,” tukas Hasto.

“Yang jelas saat ini kita lagi fokus ke penanganan masalah ekonomi, masalah pandemi. Kan masih ada waktu mengambil keputusan pada momentum terbaik,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X