Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Diminta Harus Punya Standar Tinggi, Ini Kriterianya

- Rabu, 7 September 2022 | 00:01 WIB
Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan memberikan paparan dalam acara pembukaan Jakarta Investment Forum 2022 di Jakarta. (ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan memberikan paparan dalam acara pembukaan Jakarta Investment Forum 2022 di Jakarta. (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menilai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan saat lengser pada 16 Oktober mendatang harus memiliki standar yang tinggi seperti pimpinan sebelumnya. 

Pasalnya, Zita menyebutkan, Anies sebagai pimpinan ibu kota telah memiliki program yang bagus, dan kinerja yang baik. Sehingga, ia berharap kriteria Pj Gubernur DKI Jakarta nantinya tidak di bawah standar yang sudah terbentuk itu. 

"Pak Anies sudah pasang standar tinggi untuk seorang gubernur. Programnya bagus, kerjanya baik, terpola, ada target  masyarakat jadi sejahtera," ucapnya, Selasa (6/9/2022). 

"Tentu PJ gubernur harus mampu seperti itu, minimal. Lebih baik, lebih bagus. Memastikan semuanya senang, semuanya sejahtera," tambah Zita. 

BACA JUGA: Dipanggil KPK Kasus Dugaan Korupsi Formula E, Anies akan Datang Tanpa Persiapan Khusus

Selain itu, putri dari Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas tersebut pun mengungkapkan, Pj Gubernur DKI harus berpengalaman, dan memahami segala macam b3ntuk permasalahan di Jakarta. 

"Kedua, yang pandai dalam mengelola pemerintah Daerah, khususnya terkait kondisi fenomena sosial DKI Jakarta. Ketiga, pandai berkomunikasi, karena DKI ini banyak ras dan agama, beragam karakter," terangnya. 

"Sehingga harus pandai dalam komunikasi, juga komunikasi dengan DPRD. Terakhir, harus paham dengan situasi politik di Ibu Kota," tandas Zita.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X