Polda Metro Buka Opsi Gratiskan Tol saat Arus Balik Lebaran

- Senin, 24 April 2023 | 19:31 WIB
Ilustrasi Jalan tol arah Jakarta. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Ilustrasi Jalan tol arah Jakarta. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya saat ini tengah berupaya memperlancar arus balik Lebaran yang mengarah ke wilayah Jakarta. Terfokus ke pintu tol, Polda Metro Jaya akan mendorong pengelola jalan tol untuk membuka atau mengratiskan tol jika terjadi kepadatan kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menyebut pihaknya sudah mempersiapkan menerima arus balik. Nantinya, akan ada kebijakan one way yang diterapkan mulai dari Km 72 sampai Km 47.

"Nanti akan bertahap, kalau panjang akan dilakukan contra flow sampai dengan Km 36. Nah kalau panjang lagi akan dilakukan one way sampai Km 26. Kalau panjang lagi lanjut sampai Km 3. Nah kita sendiri di dalam Kota akan kita lakukan contra flow," kata Latif kepada wartawan, Senin (24/4/2023).

Baca Juga: Perintah Kapolri ke Jajaran untuk Tangani Arus Balik: Sosialisasikan Rekayasa Lalin!

Jika rekayasa lalu lintas ini tetap berdampak kepada kemacetan, Latif menyebut pihaknya akan mendorong pengelola jalan tol untuk membebaskan biaya tol di pintu tol tertentu.

"Seluruh gerbang akan dibuka, card ride pembayaran tol akan diperbanyak untuk mempelancar. Nanti kalau masih banyak lagi apa boleh buat kalau depan kosong kita minta lepas untuk tidak membayar. Makanya petugas harus betul-betul ekstra kerja keras untuk sama-sama bekerja, untuk mempelancar arus yang berada di agar yang di tol segera keluar dari tol," beber Latif.

Baca Juga: Jelang Arus Balik, Ini 3 Tips Agar Tidak Ketinggalan Kereta Api

Lebih jauh mantan Dirlantas Polda Jawa Timur ini mengungkap ada beberapa titik pintu tol yang diprediksi akan terjadi kepadatan lalu lintas saat arus balik berlangsung.

"Di Jakarta hambatannya di situ atau di Halim yang arah Pondok Indah sama di Tanjung Priok," pungkas Latif.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X