Prabowo Subianto Tolak Jadi Cawapres Ganjar, PDIP: Kita Gak Kawin Paksa

- Senin, 24 April 2023 | 18:07 WIB
Ganjar Pranowo (Dok. Pemprov Jateng). Prabowo Subianto. (Antara)
Ganjar Pranowo (Dok. Pemprov Jateng). Prabowo Subianto. (Antara)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menolak menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo. Alasannya, karena dia dicalonkan sebagai capres oleh Gerindra. 

Terkait itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya akan melakukan pendekatan secara bertahap dalam menentukan cawapres. Sehingga terjalin kesamaan komitmen untuk menghadapi Pilpres 2024.

Baca Juga: Respons Anies Baswedan Usai PDIP Umumkan Ganjar Jadi Capres

"Tentu saja kita kan nggak model kawin paksa, tentu ada pacarannya, ada pemahamannya, ada komitmen terhadap rakyat bangsa dan negara," kata Hasto kepada wartawan di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2023).

-
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan kopiah simbolis ke capres Ganjar Pranowo (Dok PDIP)

 

Megawati Peran Penting

Hasto menuturkan, PDIP terus memantau pergerakan konstelasi politik yang masih sangat dinamis. Dia menyebut, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memutuskan sosok cawapres pendamping Ganjar Pranowo. 

"Secara dinamika politik yang memang sangat dinamis kami melakukan kajian terus menerus dan nantinya dijajak oleh ibu Megawati Soekarnoputri yang ambil keputusan," ujarnya. 

Baca Juga: Ganjar Ungkap Kriteria Cawapresnya, Seperti Apa Nih?

Lebih lanjut Hasto menyatakan, partainya tidak secara acak melakukan perjodohan pasangan capres-cawapres. Namun, melihat konstelasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan.

"Jadi enggak ada proses-proses yang terkait dengan jodoh menjodohkan karena semua itu berjalan dengan natural sesuai dengan kehendak dari masyarakat," tandasnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pilpres 2024. Keputusan ini diambil setelah melalui banyak pertimbangan.

"Setelah selama ini memikirkan, melihat mencermati apa yang menjadi harapan rakyat, pada hari Kartini ini sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia non diskiriminasi, setara dan dijamin negara, pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirahman nirrahim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo yang sekarang Guberur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres dari PDIP," kata Megawati di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X