Mantan Pejabat Bea Cukai Eko Darmanto Ngaku Gak Pamer Harta, Cuma Data Privatenya Dicuri

- Selasa, 7 Maret 2023 | 19:39 WIB
Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto rampung dimintai klarifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia bersama sang istri Ari Murniyanti diperiksa terkait harta kekayaannya yang mencapai Rp15,7 miliar.

Usai diperiksa selama 8.5 jam, Eko mengaku sangat mencintai institusinya dan tidak berniat untuk memamerkan harta. Dia mengklaim menjadi korban pencurian data yang mengakibatkan foto-foto barang mewahnya tersebar di media sosial (medsos). 

“Data saya yang saya simpan secara private dicuri. Kemudian di-framing dan beredarlah,” kata Eko kepada wartawan  gedung Merah putih KPK, Jakarta, Selasa (7/3/2023). 

Baca Juga: Didampingi Istri, Eks Pejabat Bea Cukai Eko Darmanto Penuhi Panggilan Klarifikasi KPK

Eko menuturkan, dirinya menjalankan perintah pimpinan untuk tidak memberikan klarifikasi apa pun soal aset-asetnya yang viral di medsos tersebut. 

“Saya sebagai prajurit yang baik saya melaksanakan itu. Akan tetapi bila mana hal tersebut mencederai perasaan masyarakat kemudian mencederai kepercayaan publik kepada pimpinan saya baik di Kemenkeu ataupun di Dirjen Bea dan Cukai, saya memohon maaf,” tuturnya. 

-
Eko Darmanto (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Selain itu, Eko juga membantah memiliki pesawat Cessna. Ia menyebut, pesawat itu milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). 

“Saya tidak punya pesawat, itu merupakan milik FASI dan sudah terklasifikasi dan terkonfirmasi,” ungkapnya. 

Baca Juga: Hari Ini, KPK Klarifikasi Kekayaan Eks Pejabat Bea Cukai Eko Darmanto!

Eko juga enggan berkomentar lebih jauh soal utanganya yang bernilai fantastis sebesar Rp9 miliar.

“Silakan tanya ke LHKPN yang sudah saya konfirmasi saya melakukan klarifikasi ke LHKPN,” pungkasnya. 

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2021, harta dan kekayaan Eko tercatat mencapai Rp15,7 Miliar. Ia juga tercatat memiliki utang sekitar Rp9 Miliar, sehingga jika ditotal harta kekayaannya mencapai Rp6,7 Miliar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X