Eko Darmanto Pamer Harta, Kantor Bea Cukai Yogyakarta pun Buka Suara

- Jumat, 3 Maret 2023 | 16:01 WIB
Eko Darmanto (Dok. DJBC)
Eko Darmanto (Dok. DJBC)

Efek pamer harta, Eko Darmanto dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Yogyakarta. Kantor Bea Cukai Yogyakarta pun buka suara soal upaya yang telah dilakukan dalam membina dan mengawasi gaya hidup para pegawai.

Ternyata, Kantor Bea Cukai Yogyakarta sering kali melakukan pembinaan dan pengawasan terkait kepatutan gaya hidup pegawai. Itu disampaikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bea Cukai Yogyakarta Turanto Sih Wardoyo.

"Kami sudah sering kali menyampaikan ke pegawai, bahwa ketika seseorang menjadi ASN, dia harus ikhlas dan sadar bahwa dia terikat dengan aturan, termasuk (menghindari) 'flexing', gaya hidup mewah. Kalau mau gaya hidup mewah jangan jadi ASN," ujar Turanto, INDOZONE melansir dari ANTARA, Jumat (3/3/2023).

-
Pelaksana harian (Plh) Kepala Bea Cukai Yogyakarta Turanto Sih Wardoyo (ANTARA FOTO/Luqman Hakim)

Baca Juga: 6 Fakta Eko Darmanto, Kepala Bea Cukai Yogyakarta yang Bergaya Hidup Hedon dan Dicopot

Menurut Turanto, Kantor Bea Cukai Yogyakarta juga punya panduan bermedia sosial dengan bijak untuk para pegawai yang diterbitkan dari kantor pusat. Sekadar informasi, gaya hidup mewah Eko menjadi sorotan karena diunggah ke media sosial.

"Kami juga punya panduan untuk bijak bermedia sosial, aturan itu sudah ada, sudah diterbitkan dari kantor pusat. Tinggal penerapannya saja," katanya.

Menurut Turanto, kasus unggahan foto pamer kekayaan, seperti ulah Eko, tidak mewakili sikap seluruh pegawai. Ia juga memastikan, para pegawai di Kantor Bea Cukai Yogyakarta itu tidak memiliki klub motor gede (moge) atau komunitas lain yang selama ini dianggap berkonotasi negatif.

"Saya yakin masyarakat sudah makin dewasa. Kalau toh ada kekecewaan wajar, tapi bisa membedakan, kalau bisa itu disebut oknum tidak mewakili institusi. Masyarakat bisa melihat sendiri, pengguna jasa (bea cukai) juga bisa merasakan," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Kantor Bea Cukai Yogyakarta Nuradji Wijayanto menjelaskan, bahwa kinerja serta perilaku para pegawai selama ini mendapatkan penilaian secara berjenjang mulai dari level internal Bea Cukai Yogyakarta, Kemenkeu hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: Pamer Gaya Hidup Hedon, Eko Darmanto Dicopot sebagai Kepala Bea Cukai DIY, Ngaku Salah

"Rutin setiap tahun kami melakukan survei berjenjang. Kami sendiri melakukan survei, kantor pusat melakukan survei, KPK pun melakukan survei," ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X