Antisipasi Stok Darah PMI Menipis, Polda Banten Gelar Donor Darah

- Selasa, 14 April 2020 | 08:51 WIB
Donor darah oleh personel Polda Banten. (Dok. Polda Banten)
Donor darah oleh personel Polda Banten. (Dok. Polda Banten)

Salah satu dampak wabah pandemi virus corona (Covid-19) yang masih berlangsung hingga saat ini adalah, berkurangnya pendonor darah untuk PMI.

Mengantisipasi menipisnya stok darah PMI akibat wabah virus corona sekaligus memerhatikan instruksi Kapolri, Polda Banten menggelar donor darah yang diikuti 500 personel.

"Sejak corona mewabah, kebutuhan darah untuk pasien meningkat, sementara jumlah pendonor cenderung berkurang karena physical distancing. Sehingga PMI, termasuk PMI Banten, kesulitan memenuhi kebutuhan darah. Untuk itu, kami menggelar donor darah ini," kata Kabid Dokkes Polda Banten Kombes Pol Nariyana dalam keterangannya, Selasa (14/4/2020).

Ia menambahkan, selain diikuti personel Polda Banten, kegiatan ini juga diikuti oleh personel berbagai satuan kerja jajaran Polda Banten, Satuan Brimob, Sekolah Polisi Negara, hingga Direktorat Polairud.

-
Pelaksanaan donor darah oleh Polda Banten. (Dok. Polda Banten)

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan, kegiatan yang mengacu pada Instruksi Kapolri terkait donor darah tertuang pada surat No.Pol. ST/1127/IV/KEP/2020 tanggal 7 April 2020 tentang Himbauan donor darah bagi seluruh personil Polri ini, dilaksanakan dengan memerhatikan protokol kesehatan di tengan pandemi virus corona.

"Kita tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah pandemi Covid-19, yaitu mencuci tangan sebelum masuk gedung, menjaga jarak berinteraksi antar peserta donor darah dan menggunakan masker," singkatnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X