The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cantiknya Gallipoli, Medan Perang Terganas di Dunia Sering Jadi Inspirasi Film Box Office
Kota cantik saksi sejarah berdarah (Z Creators/Elisa Oktaviana)
Travel

Cantiknya Gallipoli, Medan Perang Terganas di Dunia Sering Jadi Inspirasi Film Box Office

Rabu, 21 September 2022 21:42 WIB 21 September 2022, 21:42 WIB

INDOZONE.ID - Banyak film yang terinspirasi kisah nyata tragedi Gallipoli. Yang paling terkenal, film bertajuk ‘Gallipoli’ (1981) yang dibintangi Mel Gibson, dan ‘The Water Deviner’ (2014) yang disutradarai Russell Crowe.

Invasi Semenanjung Gallipoli terjadi pada masa Perang Dunia I. Serbuan berawal 25 April 1915. Sekutu yang terdiri dari Rusia, Prancis dan Inggris mencoba merebut Istanbul, ibu kota Kekaisaran Turki Utsmani alias Ottoman. Namun, pasukan Sekutu berhasil dipukul mundur.

Prajurit Australia dan Selandia Baru (ANZAC) juga dihancurkan pasukan terlatih Ottoman, di bawah kepemimpinan Mustafa Kemal (Ataturk), yang kemudian menjadi presiden pertama Turki. Pertempuran selama 8 bulan itu menjadi salah satu yang terganas, sepanjang sejarah. Lebih dari setengah juta orang tewas dan terluka, baik dari pihak Sekutu maupun Ottoman.

gallipoli
Pertempuran Gallipoli jadi inspirasi film (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Gallipoli atau Gelibolu, terletak di antara Laut Aegea dan Selat Dardanella, Turki bagian Eropa. Gallipoli didirikan oleh orang Yunani pada abad ke-5 SM. Kala itu namanya ‘Kallipolis’, yang berarti ‘kota indah’. Gallipoli sangat strategis, dekat dengan Konstantinopel (Istanbul), sehingga dijadikan pangkalan Angkatan Laut.

Gallipoli sempat diperebutkan dan dikuasai beberapa bangsa. Maret 1354, gempa bumi hebat menghancurkan Gallipoli. Kota itu ditinggalkan oleh penduduk Yunani. Suleiman Pasha, putra sultan Ottoman Orhan I, dengan cepat menduduki kembali Gallipoli, membentenginya, menetap di sana dan mendatangkan orang-orang Turki dari Anatolia (Asia Kecil).

Gallipoli pelabuhan penting

Kini, Gallipoli menjadi pelabuhan penting untuk feri yang menghubungkan Eropa dan Asia. Kalian yang tertarik dengan sejarah, bisa mengunjungi Taman Nasional Semenanjung Gallipoli. Di dalamnya terdapat patung, tugu peringatan dan makam para tentara yang gugur dalam pertempuran.

gallipoli
Gallipoli yang strategis jadi rebutan banyak bangsa (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Setiap peringatan hari ANZAC (Australian and New Zealand Corp) tanggal 25 April, ribuan pengunjung memadati tempat ini. Hari ANZAC menandai pendaratan pasukan Australia dan Selandia Baru di Gallipoli, Turki.

Spot wisata terbaik di Gallipoli

Ikon lain yang wajib dikunjungi adalah Namazgah atau Azepler Camii, salah satu masjid open-air terbaik di Turki. Namazgah dibangun tahun 1407, di era Kekaisaran Ottoman. Masjid tanpa atap ini ditopang tembok marmer, dengan dua mimbar dan mihrab yang menghadap ke arah Mekkah.

namazgah
Namazgah tempat salat AL Ottoman (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Namazgah berdiri di atas bukit, menghadap Selat Dardanella. Ukurannya hanya 12,5x10 meter. Dulu, Angkatan Laut Ottoman salat berjamaah di sini, sebelum ekspedisi. Sekarang, masjid hanya digunakan saat Ramadan, untuk salat Tarawih. Masjid ini spot sempurna untuk menikmati sunset.

gallipolo
Medan perang yang menjadi spot wisata (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Kota Gallipoli juga surga penikmat seafood. Salah satu yang wajib dicicipi, sop ikan. Kuliner lain yang jadi ciri khasnya, peynir helvasi atau keju manis dan ikan sarden kalengan.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US