The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Berat, Kota Seribu Jendela yang Penuh Toleransi, Keindahannya Memikat Abis!
Kota Seribu Jendela bernama Berat (Z Creators/Fabiola Lawalata)
Travel

Fakta Berat, Kota Seribu Jendela yang Penuh Toleransi, Keindahannya Memikat Abis!

Jumat, 16 September 2022 14:29 WIB 16 September 2022, 14:29 WIB

INDOZONE.ID - Berat adalah salah satu kota di Albania yang banyak didatangi oleh wisatawan karena keunikannya. Kota Berat dikenal juga sebagai ‘Kota Sejuta Jendela’. Ada cerita menarik mengapa dijuluki demikian.

Berat terletak sekitar 120 kilometer dari Tirana, ibu kota Albania. Pada 2008 lalu kota Berat dianugerahi UNESCO menjadi Situs Warisan Budaya, karena Berat merupakan contoh langka sebuah kota tua peninggalan Ottoman yang terawat baik dan masih dijaga seperti aslinya.

berat albania
Desain rumah dengan banyak jendela (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Disebut juga sebagai ‘Kota Seribu Jendela’, arsitektur bangunan di Berat mengutamakan jendela dengan model yang sama. Cat dindingnya seragam, semuanya berwarna putih bersih. Menarik nya, letak rumah-rumah tersebut terletak di bukit, makanya dari kejauhan jendela-jendela itu terlihat seperti menumpuk.

berat albania
Rumah dengan banyak jendela di Albania (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Tipikal rumah di Berat memiliki dua lantai, di lantai bawah adalah tempat menerima tamu sedangkan lantai atas adalah kamar si pemilik. Bangunan rumah didominasi dari kayu asli dan rata-rata telah dibangun sejak abad ke-18. 

Area kota Berat dikelilingi pegunungan dan rentan akan gempa bumi, ini menjadi salah satu alasan mengapa tiap rumah memiliki banyak jendela, konon supaya warganya mudah untuk keluar dari rumah.

Alasan versi lain menyebutkan rumah di Berat memiliki banyak jendela karena panorama di sekeliling yang sangat indah. Dengan banyak jendela, pemandangannya bisa langsung dinikmati dari dalam rumah. 

berat albania
Rumah-rumah bertumpuk di atas bukit (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Berdasarkan sensus tahun 2011, 58,79 persen dari populasi Albania menganut agama Islam, sehingga menjadikannya sebagai agama terbesar di negara ini.

kota berat albania
Gereja dan masjid berdiri berdampingan (Z Creators/Fabiola Lawalata)
kota berat albania
Masjid berdiri berdampingan dengan gereja (Z Creators/Fabiola Lawalata)

Paus Francis ketika datang berkunjung ke Albania juga turut memberi apresiasi perihal kerukunan antar agama yang bisa dijadikan contoh. Buktinya, di satu sisi jalan masjid dan gereja bisa berdiri berdampingan.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Fabiola Lawalata
Fabiola Lawalata
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US