Jadi Anggota Kehormatan FSPI, Presiden PKS: Silat di Indonesia Tak Akan Punah!

- Minggu, 19 Februari 2023 | 12:39 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu. (Dok PKS)
Presiden PKS Ahmad Syaikhu. (Dok PKS)

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menerima gelar sebagai anggota kehormatan dari Forum Silaturahim Pendekar Indonesia (FSPI). Adapun gelar itu diberikan pada acara Deklarasi Forum Silaturahim Pendekar Indonesia (FSPI) di Jakarta, Sabtu, (18/2/2023).

Koordinator Nasional FSPI Mohammad Ridwan mengatakan, sosok Syaikhu dikenal dekat dengan para pendekar silat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Saat reses sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Bekasi, Karawang, Purwakarta, kegiatannya sering melibatkan sanggar silat tradisional.

“Perhatian dan silaturahim Pak Syaikhu dengan pengelola sanggar silat tradisional di sekitaran dapilnya saya lihat cukup intens. Karenanya kami ingin melibatkan Pak Syaikhu dengan komunitas pesilat yang lebih luas di seluruh kota di Indonesia,” tutur Ridwan dalam siaran persnya, Minggu (19/2/2023).

Baca Juga: Presiden PKS Bertemu Dubes AS, Bahas Demokrasi hingga HAM

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu merasa bahagia bisa berkumpul dengan para pendekar silat dari berbagai aliran perguruan. Ia menilai banyaknya aliran silat di Indonesia menandakan bahwa perkembangan dan penggalian unsur jurus silat di Indonesia sangat dinamis.

“Saya yakin silat di Indonesia tidak akan punah. Buktinya aliran silat semakin berkembang. Di Bekasi tempat saya tinggal saja ada banyak sanggar silat yang eksis. Belum lagi di kota lain di Indonesia. Saya mengapresiasi usaha Ustadz Ridwan yang dengan sabar menjalin silaturahmi dengan para guru pendekar silat," ungkap Syaikhu. 

"Selain itu dalam sejarah perlawanan rakyat Indonesia menghadapi penjajahan Belanda dulu, peran para pendekar silat tidak bisa diabaikan. Selain melatih fisik para muridnya, para guru silat juga melatih mental dan jiwa nasionalisme untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” imbuhnya. 

Baca Juga: Gelar Doa Bersama, PKS Harap Situasi Politik di Tahun 2023 Kondusif

Secara simbolik, Syaikhu diberikan golok oleh Koordinator Nasional Muhammad Ridwan. Selain itu, Syaikhu mencoba memainkan beberapa jurus silat yang dibimbing oleh Anggota Majelis Pendekar dari Perkumpulan Silat Gerak Stroom Edi Rukmiadi.

Sebagai informasi, FSPI merupakan perkumpulan berbagai aliran silat di Indonesia. Ridwan selaku koordinator nasional sudah sejak tahun 1990-an menjalin silaturahim dengan para pendekar silat di Jakarta. Kecintaannya dengan seni beladiri asli Indonesia ini menginspirasinya untuk membentuk forum silaturahim antar perguruan silat yang lebih luas, bukan hanya di Jabodetabek tetapi juga kota lain di seluruh Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X