Presiden PKS Bertemu Dubes AS, Bahas Demokrasi hingga HAM

- Rabu, 15 Februari 2023 | 20:01 WIB
Presiden PKS Bertemu Dubes AS (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Presiden PKS Bertemu Dubes AS (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim, di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2023). Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan, diskusi bersama Kim berlangsung hangat. Adapun yang dibahas antara lain soal keberlangsungan demokrasi di Indonesia.

“Sebuah kehormatan yang tentu daritadi diskusi dengan penuh kehangatan, untuk bagaimana memajukan demokrasi khususnya di Indonesia ini,” kata Syaikhu usai pertemuan, Rabu (15/2/2023).

Lebih lanjut, Syaikhu menuturkan, dirinya berharap hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat akan makin baik ke depannya.

-
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (Dok. PKS)

Baca Juga: Sudah Pegang Tiket, Demokrat Ajak Parpol yang Belum Berkoalisi Gabung ke Koalisi Perubahan

“Dan, PKS sebagai salah satu partai politik di Indonesia selalu akan selalu mendorong kemitraan strategis antara Republik Indonesia dan Amerika Serikat semakin maju dan baik,” tuturnya.

Pada pertemuan tersebut, kata Syaikhu, partainya juga menegaskan sikap, sebagai salah satu elemen bangsa yang menjaga demokrasi di Indonesia.

“Agar tetap sehat menjunjung tinggi kebebasan sipil perlindungan hak asasi manusia dan kelompok minoritas serta penegakan hukum yang adil dan profesional,” ungkapnya.

Di hadapan Dubes Kim, Syaikhu juga mengungkapkan, komitmen Indonesia mendukung upaya menciptakan stabilitas dan perdamaian di dunia.

“Kami menginginkan agar seluruh bangsa-bangsa di dunia menghormati kedaulatan politik setiap bangsa dalam mengatur dan mengelola bangsanya,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Dubes Kim mengatakan, pertemuan dengan Syaikhu juga membahas tentang kuatnya kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat. Salah satu yang dibahas adalah upaya memperdalam hubungan ekonomi kedua negara.

Selain itu, lanjut Kim, Amerika Serikat juga berkomitmen mendukung demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia.

Baca Juga: Elite PKS Temui Airlangga, Demokrat Rayu Golkar untuk Gabung Koalisi Perubahan

“Terpenting tadi sudah disebutkan oleh Bapak Presiden (PKS), bahwa kami mengafirmasi kami menegaskan komitmen kuat kami untuk terus mendukung demokrasi dan hak asasi manusia yang ada,” ujar Kim.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X