Dibutuhkan UMKM, Mobil Jenis Ini Paling Laku Sepanjang Agustus 2020

- Jumat, 18 September 2020 | 18:25 WIB
Ilustrasi mobil komersial  New Carry Pick Up. (Dok. Suzuki)
Ilustrasi mobil komersial New Carry Pick Up. (Dok. Suzuki)

Meski pasar otomotif sedang lesu, Agen Pemegang Merek (APM) tetap berjuang untuk bertahan dan membantu pemulihan ekonomi. Catatan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ada peningkatan pangsa pasar mobil periode Januari - Agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

Suzuki Indonesia berhasil membukukan peningkatan pangsa tertinggi di pasar mobil nasional sebesar 2,6%, dari 9,82% year-on-year (YoY) Januari-Agustus 2019 menjadi 12,42% pada Januari - Agustus 2020 untuk penjualan ritel.

Pertumbuhan pangsa pasar Suzuki ini didominasi New Carry Pick Up yang berkontribusi 53% terhadap penjualan ritel nasional Suzuki atau sejumlah 23.856 unit. Tidak hanya menjadi kontributor terbesar, pangsa pasar New Carry Pick Up periode Januari-Agustus 2020 juga terbukti naik 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 61%.

Sementara pada Agustus 2020, New Carry Pick Up menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan ritel sebanyak 3.111 unit dan pangsa pasar low pick up sebesar 66%. Hal menunjukan New Carry Pick Up sebagai kendaraan komersial dibutuhkan UMKM untuk mendorong kegiatan ekonomi mereka di tengah pandemi.

4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra menerangkan bahwa persaingan di pasar otomotif semakin semakin sulit di tengah pandemi ditambah dengan ketatnya persaingan  pasar meskipun mulai tumbuh setelah sempat melemah beberapa bulan sebelumnya.

“Di tahun ini, pasar otomotif Indonesia cukup berat, namun kami berusaha untuk terus memberikan produk dan pelayanan yang baik meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Peningkatan pangsa pasar Suzuki di tahun 2020 cukup menggembirakan karena sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tetap dicari masyarakat,” terangnya.

Selain New Carry Pick Up sebagai produk buatan dalam negeri, dua model produksi dalam negeri lainnya menjadi penyumbang terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar ritel Suzuki dalam kurun Januari hingga Agustus 2020 adalah All New Ertiga dan Suzuki XL7.

All New Ertiga dengan kontribusi 6.870 unit atau sekitar 15%, dan kedua adalah Suzuki XL7 sejumlah 5.095 unit atau 11%. Model-model unggulan Suzuki lainnya seperti Karimun Wagon R, New Ignis, New Baleno, dan Jimny juga berkontribusi positif terhadap total penjualan ritel selama tahun 2020. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X