Ada Perayaan Bulan Bung Karno, Polisi Imbau Masyarakat Hindari Kawasan GBK

- Sabtu, 24 Juni 2023 | 10:49 WIB
Ilustrasi kemacetan. (Freepik)
Ilustrasi kemacetan. (Freepik)

Hari ini merupakan hari puncak perayaan Bulan Bung Karno yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat. Polda Metro Jaya sendiri mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari ruas jalan di GBK agar tidak terjebak kemacetan.

"Diharapkan masyarakat yang tidak berkepentingan bisa menghindar dari GBK, jalur Sudirman-Thamrin," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi wartawan, Sabtu (24/6/2023).

Polisi sendiri sudah mengantisipasi kepadatan kendaraan yang bakal terjadi di ruas-ruas jalan arteri di sekitaran GBK. Untuk itu, ratusan personel polisi lalu lintas dikerahkan untuk mengatur lalu lintas.

Baca Juga: Catat! Skema One Way Diperpanjang hingga 26 April 2023 Malam

"Sekitar 620 personel (berjaga di) seputaran GBK. Itu lantas saja untuk kegiatan ini, untuk pengaturan penjagaan sampai dengan pengaturan parkir perlu kita antisipasi betul," beber Latif.

Ribuan Bus Diprediksi Mengarah ke GBK

Lebih jauh, mantan Dirlantas Polda Jawa Timur ini menduga setidaknya ada sekitar 2.000 bus yang bakal mengarah ke GBK. Bus-bus yang akan berdatangan tersebut tentunya akan langsung diarahkan ke kantong-kantong parkir yang sudah disediakan.

-
Sejumlah penari bersiap melakukan gladi kotor tari jelang puncak peringatan BBK 2023 di SUGBK. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

"Bus ada sekitar 2.000 bus yang akan menuju GBK khususnya masa dari daerah menuju sana sehingga kita akan melakukan pengaturan. Yang berasal dari wilayah barat kita akan keluarkan ke (Landogi), langsung nanti drop offnya di pintu 10," kata Latif.

"Begitu juga bus arah timur seperti dari Jawa Timur, Yogyakarta kita langsung tekuk ke kanan dari Semanggi, keluaran Cepu itu tekuk ke kanan langsung nanti putar balik di Bandung 12 Bundaran Lingkaran Senayan nanti drop off di Pintu 5, Pintu 6 dan Pintu 7," sambung Latif.

Baca Juga: Ada Street Race Hingga PRJ di Kemayoran, Ini Cara Polisi Lancarkan Lalin

Selain itu, polisi juga bakal menerapkan rekayas lalu lintas disekitaran GBK. Rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional.

Terkait dengan kantong parkir, Latif menyebut pihaknya sudah menyiapkan kantong-kantong parkir. Polisi sendiri memaksimalkan kantong parkir di dalam area GBK sendiri meskipun ada kantong parkir di lokasi lain.

"Untuk parkir yang sudah kita siapkan adalah dari dalam sendiri sudah diimbau kegiatan sudah ada sehingga parkir yang akan kita maksimalkan ada di Monas, Aldiron, SMESCO serta Kemayoran. Kemayoran terakhir karena sudah penuh kegiatan. Kita maksimalkan tidak ada parkir bus yang sepanjang jalan Jenderal Sudirman dan Gatot Subroto," pungkas Latif.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X