Ambroncius Diperiksa Soal Kasus Rasis, Bareskrim: Dicecar 25 Pertanyaan

- Selasa, 26 Januari 2021 | 16:42 WIB
Ambroncius Nababan yang terduga kasus pernyataan rasis. (Twitter/KMTRoySuryo).
Ambroncius Nababan yang terduga kasus pernyataan rasis. (Twitter/KMTRoySuryo).

Ambroncius Nababan diketahui diperiksa Bareskrim Polri semalam terkait kasus dugaan rasisme terhadap aktivis Papua maupun eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai . Dalam pemeriksaan itu, Ambroncius dicecar sebanyak 25 pertanyaan oleh polisi.

"Kemarin Bareskrim Polri telah memanggil dan yang bersangkutan telah hadir di Bareskrim untuk dilakukan pemeriksaan oleh Bareskrim," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (26/1/2021)

Dalam pemeriksaan itu, Rusdi menyebut ada sebanyak 25 pertanyaan yang dicecar penyidik. Namun, Rusdi enggan membongkar materi pertanyaan tersebut.

"Kemarin diberikan pertanyaan sebanyak 25 pertanyaan," beber Rusdi.

Lebih jauh Rusdi menyebut Ambroncius dipersilakan pulang usai menjalani pemeriksaan. Sebab, status Ambroncius masih sebagai saksi.

"Semalam sudah kembali ke kediaman yang bersangkutan," kata Rusdi.

Baca Juga: Alami Serangan Rasis Berkali-kali, Natalius Pigai Tak Akan Berhenti: Dunia pun Mengutuknya

Sekedar informasi, kasus itu sendiri merupakan kasus rasisme dengan korban Natalius Pigai. Dalam foto yang tersebar di media sosial, diduga pelaku menjajarkan foto Natalius dengan foto hewan dan masuk dalam kategori rasis.

Atas kasus rasisme ini, Polda Papua Barat sudah menerima laporan polisi. Sedangkan Bareskrim Polri sendiri juga sudah menarik penyelidikan kasus itu dari Polda Papua Barat.

Pemilik akun Facebook yang diduga melakukan tindakan rasis ke Natalius yakni Ambroncius Nababan. Dia juga sudah datang memenuhi panggilan Bareskrim Polri untuk diperiksa terkait kasus tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X