The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anies Minta Prediksi Banjir Diumumkan Sehari Sebelum Kejadian
Gubernur Anies Baswedan. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
News

Anies Minta Prediksi Banjir Diumumkan Sehari Sebelum Kejadian

Deteksi dini.

Kamis, 24 September 2020 12:30 WIB 24 September 2020, 12:30 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada seluruh jajarannya untuk langsung bergerak cepat dalam mengatasi banjir yang kerap terjadi saat musim hujan tiba.

Perintah orang nomor satu di Jakarta itu pun tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 52/2020 tentang Percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir di Era Perubahan Iklim.

Dalam aturan itu, ia meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) untuk membuat sistem deteksi dan peringatan dini banjir.

"BPBD dibantu oleh Dinas SDA dan Diskominfotik menyusun sistem deteksi dan peringatan dini kejadian banjir yang dapat dimonitor secara daring," tulis Anies dalam surat itu yang dikutip Indozone, Rabu (23/9/2020).

Tak hanya itu, bahkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun meminta sistem deteksi ini bisa memprediksi banjir satu hari sebelum bencana itu datang.

"Serta dapat memprediksi dan mengumumkan potensi kejadian banjir selambat-lambatnya satu hari sebelum kejadian," ungkapnya.

Anies menginginkan agar jajaran Pemprov DKI bisa langsung bergerak cepat melakukan langkah antisipasi sebelum banjir menerjang ibu kota. Maka, ia menargetkan sistem itu rampung sebelum memasuki bulan Oktober mendatang.

"Target selesai pada bulan September 2020," pungkas Anies dalam Ingub tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Sarah Hutagaol
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
Sarah Hutagaol

Sarah Hutagaol

Reporter
JOIN US
JOIN US