Tunjang Kesiapan Personel di Momen Lebaran, Dirut PLN: Jangan Ada Mati Lampu!

- Rabu, 5 April 2023 | 14:21 WIB
Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1444 H (INDOZONE/Arvi Resvanty)
Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1444 H (INDOZONE/Arvi Resvanty)

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menyatakan pihaknya telah menunjang kesiapan personel petugas untuk momen lebaran 2023. Selain kesiapan mental, para personel juga dilengkapi peralatan serta armada pendukung yang memadai.

"Personel ini bukan hanya siap secara mental dan semangat, tapi dibekali dengan peralatan dan armada pendukung 1.478 unit genset, 559 unit uninterruptible power supply, 925 unit gardu induk bergerak, 16 trafo mobile, 259 crane, ada lebih dari 3.000 mobil, lebih dari 3.300 motor dan lainnya," ungkap Darmawan dalam agenda Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1444 H di Kantor Pusat PLN, Rabu (5/4/2023).

Persiapan menyambut momen lebaran, tambahnya, berjalan dengan waktu yang lebih singkat dari biasanya, yakni hanya membutuhkan waktu 2 bulan dari rentang waktu normal kisaran enam bulan.

-
Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1444 H (INDOZONE/Arvi Resvanty)

Baca Juga: PLN Siapkan 616 SPKLU Bagi Pemudik yang Gunakan Mobil Listrik

"Saya merasa bangga, tim kita sudah berjalan dari pengalaman, sudah tahu persis dari pengalaman, biasanya butuh waktu enam bulan kini dua bulan saja sudah cukup. Dalam menghadapi lebaran tahun ini, akan aman," tutur dia.

"77 tahun yang lalu, kita berhasil mengusir penjajah, 17 Agustus 1945 itu adalah di bulan ramadhan, sama seperti di bulan ini. Tapi, para pahalwan di saat bulan ramadhan malah berjuang pantang mundur tidak kenal lelah. Tidak hanya dengan keringat air mata, tapi juga darah. Semangat perjuangan di tengah bulan ramadan itulah kali ini yang berulang, semangat untuk berkorban dan mengabdi pada rakyat dan maju ke depan," sambung Darmawan.

Darmawan berharap, seluruh kendala dapat ditangani dengan sigap. Dia pun memastikan, tak ada lampu yang mati di momen lebaran, terutama di tempat ibadah dan pusat keramaian.

Baca Juga: Antisipasi Gangguan Energi Primer, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman di Lebaran 2023

"Pesan saya tidak boleh ada rumah yang mati pada lebaran, tidak boleh ada ibadah yang terganggu ketika beribadah, tidak boleh ada yang terganggu karena masalah kelistrikan. PLN melakukan lebaran di lapangan, posko siaga akan lebih banyak dibangun di tempat publik, PLN hadir dimana masyarakat butuh, di setiap alun-alun, bandara, pelabuhan, dan pusat keramaian. Saya minta posko siaga PLN Idul Fitri siaga sehingga jika terjadi gangguan di luar kelistrikan maupun ada aksi kemanusiaan, monggo tim PLN segera beraksi," tandas Darmawan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X