Antisipasi Gangguan Energi Primer, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman di Lebaran 2023

- Rabu, 5 April 2023 | 12:01 WIB
Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo (INDOZONE/Arvi Resvanty)
Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo (INDOZONE/Arvi Resvanty)

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menjamin pasokan dan keandalan pasokan listrik saat lebaran 2023 aman. Jaminan itu disampaikan Darmawan dalam agenda Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1444 H di Kantor Pusat PLN, Rabu (5/4/2023).

Darmawan menyatakan, PLN sudah menyiapkan berbagai pasokan seperti batu bara, gas, dan bahan bakar minyak (BBM) untuk pembangkit.

Jaminan pasokan ini bertujuan menghindari gangguan energi primer di momen ramadan maupun Idul Fitri mendatang.

Dia juga memprediksi, bahwa arus mudik di tahun ini akan lebih ramai ketibang sebelumnya. Oleh karena itu, apel siaga digelar lebih awal, yakni 16 hari sebelum lebaran.

-
Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo (INDOZONE/Arvi Resvanty)

Baca Juga: Ini Faktor yang Bikin BenihBaik dan PLN Peduli Gelar Program Pemberdayaan Nelayan Rajungan

"Kami antisipasi mudik tahun ini akan lebih besar dari tahun lalu, maka apel siaga dalam rangka mempersiapkan lebaran di 1444 Hijriah ini kami laksanakan lebih awal yaitu 16 hari sebelum hari H lebarannya," ungkap Darmawan, Rabu (5/4/2023).

Secara rinci, Darmawan menyatakan, pasokan listrik milik perseroan ketika lebaran akan berada di kisaran 46,26 gigawatt. Sementara itu, untuk momen lebaran, berada di kisaran 29 gigawatt dan dinilai aman.

"Beban puncak yang biasanya sekitar 44 giga (watt), pada saat mudik lebaran nanti akan turun menjadi 29 gigawatt, sedangkan daya mampu pasok PLN adalah 46,26 gigawatt," imbuhnya.

PLN Siapkan 80 Ribu Personel di 2.300 Posko di Tanah Air

Darmawan berharap, tidak ada disrupsi sama sekali ketika lebaran. Jadi, pihaknya mempersiapkan 80.000 personel yang siap disebar di sebanyak 2.300 posko di Tanah Air. Masa siaga sendiri akan berlangsung mulai 15 April hingga 30 April 2023.

"Kita laporkan, bahwa kesiapan pembangkit kita semua sudah siap. Kita melakukan maintenance jauh hari sebelum ramadhan dan lebaran sehingga tidak ada downtime," paparnya.

Baca Juga: BenihBaik dan PLN Peduli Gelar Program Bantuan Pemberdayaan Nelayan Rajungan di Jepara

"Persiapan transmisi dan gangguan sudah bisa kita selesaikan dengan baik. Kita persiapkan towernya, jalurnya sehingga insyaallah transmisi dalam kondisi aman," pungkas Darmawan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X