The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Faktor yang Bikin BenihBaik dan PLN Peduli Gelar Program Pemberdayaan Nelayan Rajungan
Pemberdayaan Nelayan Rajungan di Pesisir Jepara, Jawa Tengah (Istimewa)
News

Ini Faktor yang Bikin BenihBaik dan PLN Peduli Gelar Program Pemberdayaan Nelayan Rajungan

Jumat, 24 Maret 2023 13:29 WIB 24 Maret 2023, 13:29 WIB

INDOZONE.ID - BenihBaik dan PLN Peduli melakukan program pemberdayaan Nelayan Rajungan di Pesisir Jepara, Jawa Tengah. Program yang didukung oleh TAKA ini dibuat untuk meningkatkan kualitas sumber daya Forum Komunikasi Nelayan Rajungan Nasional (Forkom Nelangsa).

Field Coordinator BenihBaik dan PLN Peduli dengan didukung oleh TAKA, Avicenna Wijayanto menyampaikan bahwa kurangnya akses pengetahuan, kesempatan dan modal yang minim menjadi hambatan meraih cita-cita untuk meningkatkan kualitas Forkom Nelangsa. Sebagai mitra dalam program ini, TAKA menginisiasi program pelatihan dan bantuan yang disesuaikan untuk kelompok nelayan.

“Dengan berjalannya program ini, kualitas sumber daya nelayan rajungan pada Forkom Nelangsa dapat meningkat dan menjadi kelompok masyarakat yang mandiri dalam menunjang perekonomian dan kestabilan perikanan berkelanjutan,” kata Avicenna Wijayanto saat dihubungi INDOZONE, Jumat (24/3/2023).

Pemberdayaan Nelayan Rajungan di Pesisir Jepara, Jawa Tengah (Istimewa)
Pemberdayaan Nelayan Rajungan di Pesisir Jepara, Jawa Tengah (Istimewa)

Baca Juga: BenihBaik dan PLN Peduli Gelar Program Bantuan Pemberdayaan Nelayan Rajungan di Jepara

Manfaat utama yang didapat dari program ini di antaranya adalah meningkatnya kapasitas nelayan dalam melakukan aktivitas penangkapan rajungan yang lebih berkelanjutan dengan menggunakan bubu berjendela sebagai alat “swap” bubu yang telah rusak.

Selain itu, program ini juga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian keluarga nelayan rajungan dengan memberikan dukungan pelatihan dan sarana prasarana operasionalisasi rumah produksi hasil produk tangkapan rajungan.

Baca Juga: Ikut Tarawih Keliling Bareng Warga, Ganjar: Masyarakat Rindu Suasana Seperti Ini

“Respon yang kami terima dari kelompok nelayan Forkom Nelangsa sangat baik terlihat dari antusiasme para anggota Forkom Nelangsa pada saat diselenggarakannya diskusi kelompok terpumpun,” sebut Avicenna.

“Banyak masukan dan ide serta komitmen yang muncul dari anggota dalam mendukung dan membantu pelaksanaan program ini,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US