BenihBaik dan PLN Peduli Gelar Program Bantuan Pemberdayaan Nelayan Rajungan di Jepara

- Jumat, 24 Maret 2023 | 11:44 WIB
Pemberdayaan Nelayan Rajungan di Pesisir Jepara, Jawa Tengah (Istimewa)
Pemberdayaan Nelayan Rajungan di Pesisir Jepara, Jawa Tengah (Istimewa)

BenihBaik dan PLN Peduli dengan didukung oleh TAKA kembali melakukan program pemberdayaan Nelayan Rajungan di Pesisir Jepara, Jawa Tengah.

Field Coordinator BenihBaik dan PLN Peduli dengan didukung oleh TAKA, Avicenna Wijayanto mengatakan, program tersebut disusun untuk mendukung pemberdayaan dan penguatan ekonomi masyarakat nelayan rajungan di Desa Demaan, Kabupaten Jepara.

“Melalui Forum Komunikasi Nelayan Rajungan Nasional (Forkom Nelangsa) dengan pendekatan program perikanan rajungan yang berkelanjutan,” ujarnya saat dihubungi INDOZONE, Jumat (24/3/2023).

Dikatakan Avicenna, program ini juga mempunyai tujuan untuk peningkatan kapasitas kelompok disertai dengan dukungan sarana-prasarana pengoperasian rumah produksi kepada nelayan rajungan, dalam upaya peningkatan nilai ataupun kualitas produk hasil tangkapan rajungan.

-
Pemberdayaan Nelayan Rajungan di Pesisir Jepara, Jawa Tengah (Istimewa)

 

Baca Juga: Lewat “Roda-Roda Ramadan”, DAIKIN dan Benihbaik.com Siap Salurkan Donasi Rp 1,25 Miliar

Tujuan lainnya, sambung dia, adalah upaya memberikan dukungan pergantian ‘swap’ alat tangkap para nelayan agar menjadi ramah lingkungan

“Mengganti alat tangkap rajungan yang rusak menggunakan alat tangkap yang lebih ramah lingkungan berupa bubu berjendela,” ucap dia.

“Dukungan karamba karantina rajungan bertelur sebagai alat penanganan pasca tangkap,” imbuhnya.

Baca Juga: Pelanusa Bagikan Tips Sukses Berbisnis: Jalin Kerjasama dengan PLN Peduli dan Benih Baik

Dia pun berharap dengan adanya program BenihBaik dan PLN Peduli dengan didukung oleh TAKA bisa menjadi langkah awal untuk Forkom Nelangsa dalam mengembangkan potensinya dari sarana prasarana yang telah disalurkan.

“Serta dapat menjadi kelompok masyarakat yang mandiri. Karena pada dasarnya, bantuan berawal dari kita untuk Forkom Nelangsa dan dari Forkom Nelangsa untuk masyarakat,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X