Menaker Ida Dampingi Presiden Jokowi Resmikan PYCH di Jayapura

- Kamis, 23 Maret 2023 | 21:20 WIB
Menaker Ida Fauziyah mendampingi Presiden Jokowi meresmikan PYCH di Jayapura, Provinsi Papua. (Dok. Biro Humas Kemnaker)
Menaker Ida Fauziyah mendampingi Presiden Jokowi meresmikan PYCH di Jayapura, Provinsi Papua. (Dok. Biro Humas Kemnaker)

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziah, hadir mendamping Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (21/3/2023). Pembangunan PYCH ini dihapkan dapat mewadahi kreativitas generasi muda Papua sehingga dapat mendorong peningkatakan kesejahteraan di Papua.

"Karena saya melihat peluang, opportunity, kesempatan di Tanah Papua masih sangat besar sekali untuk bisa anak-anak muda masuk. Dan ini kita harapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai," kata Presiden Jokowi.

Presiden pun mengapresiasi pembangunan PYCH ini dan berharap agar PYCH dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, Presiden juga berharap agar program serupa juga dihadirkan di beberapa daerah lainnya.

Baca Juga: India Ingin Belajar ke Indonesia Kesuksesan Penyelenggaraan G20

"Hari ini kita bisa melihat bersama Gedung Papua Youth Creative Hub, dan saya minta gedung serupa bisa dibangun di NTT, Papua Barat, Maluku, dan Aceh," pintanya.

Menaker Ida Mengapresiasi Pembangunan PYCH yang Diinisiasi BIN

Usai mendampingi Presiden Jokowi, Menaker Ida mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pembangunan PYCH yang diinisiasi oleh BIN. Keberadaan PYCH diyakini akan menunjang berbagai program pemerintah dalam menyiapkan generai muda yang kompeten di Tanah Papua.

-
Presiden Jokowi meresmikan PYCH di Jayapura, Provinsi Papua. (Dok. Biro Humas Kemnaker)

Pihaknya sendiri selama ini telah membuat berbagai program dan kebijakan guna mendukung pembangunan SDM di Tanah Papua. Di antaranya pelatihan vokasi berbasis kompetensi, pemagangan, pelatihan peningkatan produktivitas, akreditasi lembaga pelatihan kerja, dan pembangunan Skill Development Center (SDC).

Baca Juga: Serius Kembangkan SDM Tenaga Profesional Muda Kemnaker Bahas Bareng Swiss

Ida Fauziyah pun berharap sinergi dan kolaborasi antar berbagai stakeholders terus diperkuat dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM di Papua.

"Karena memang dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari semua sektor mulai dari Pemerintah Pusat dan Daerah, sektor swasta, hingga seluruh elemen masyarakat untuk bisa mendukung program pembangunan yang ada di Papua," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X