Peristiwa 21 Mei: Berdirinya FIFA hingga Presiden Soeharto Mengundurkan Diri

- Jumat, 21 Mei 2021 | 11:23 WIB
Jend TNI (Purn) Soeharto dilantik menjadi Presiden RI periode 1988-1993 dalam Rapat Paripurna ke-11 MPR di gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Jumat (11/3/1988). (ANTARAFOTO/N04)
Jend TNI (Purn) Soeharto dilantik menjadi Presiden RI periode 1988-1993 dalam Rapat Paripurna ke-11 MPR di gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Jumat (11/3/1988). (ANTARAFOTO/N04)

Tanggal 21 Mei menjadi tanggal yang bersejarah di Indonesia, khususnya setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri. Namun selain itu, 21 Mei juga menyimpan peristiwa menarik untuk disimak.

Dilansir Indozone dari berbagai sumber, inilah peristiwa yang terjadi 21 Mei.

1. Lahirnya FIFA (1904)

Federasi Sepabkola Internasional atau Fédération Internationale de Football Association (FIFA) didirikan di Paris, Prancis. FIFA merupakan badan pengendali sepakbola internasional. Badan ini berkantor pusat di Zurich, Swiss dengan jumlah anggota sebanyak 211 asosiasi nasional.

-
Logo FIFA. (Wikipedia)

FIFA juga berperan mempromosikan sepakbola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya.

2. Tanggal Lahir Once Mekel, Darius Sinathrya, dan Tatjana Saphira

Hari ini menjadi hari spesial bagi tiga selebriti Indonesia, yaitu Once Mekel, Darius Sinathrya, dan Tatjana Saphira karena merayakan ulang tahun. Once yang lahir pada tahun 1970 hari ini usianya 51 tahun. Darius lahir pada tahun 1985, usianya kini 36 tahun. Sedangkan Tatjana Saphira hari ini genap berusia 23 tahun.

-
Artis Tatjana Saphira yang lahir pada 21 Mesi. (Instagram/@tatjanasaphira)

3. Mantan PM India Rajiv Gandhi Dibunuh dengan Bom (1991)

Rajiv Gandhi adalah Perdana Menteri India termuda yang mulai menjabat saat ibunya, Indira Gandhi terbunuh pada 31 Oktober 1984. Rajiv merupakan perdana menteri keenam di India dan ketiga dari keluarganya. Ia anak dari Indira Gandhi dan cucu dari Jawaharlal Nehru yang merupakan perdana menteri pertama India.

-
Perdana Menteri India Rajiv Gandhi. (Istimewa)

Rajiv tewas dibunuh oleh separatis Tamil dari Sri Lanka yang saat itu mengalungkan rangkaian bunga ke lehernya yang ternyata berisi bom. Ia meninggal pada usia 46 tahun.

BACA JUGA: Ada Demo Bela Palestina di Jakarta, Polda Metro Terjunkan 3.162 Personel

4. Presiden Soeharto Mengundurkan Diri (1998)

Presiden Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya setelah 32 tahun menjabat sebagai Presiden RI. Sebagai penggantinya, Wakil Presiden BJ Habibie diambil sumpahnya menjadi presiden.

-
Aksi demonstrasi mahasiswa menuntut Presiden Soeharto mundur pada Mei 1998. (Istimewa)

Pengunduran diri Soeharto merupaka buntut dari demonstrasi yang terjadi berhari-hari, kerusuhan, tekanan politik dan militer, serta pendudukan Gedung DPR/MPR RI oleh para mahasiswa. Pada masa pemerintahannya, Soeharto disebut telah menyalahgunakan kekuasaan, termasuk korupsi dan pelanggaran HAM.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X