Gencatan Senjata Israel: Warga Palestina Merayakan Kemenangan

- Jumat, 21 Mei 2021 | 10:56 WIB
Warga Palestina merayakan kemenangan (Reuters)
Warga Palestina merayakan kemenangan (Reuters)

Saat pertempuran berhenti, perayaan dimulai. Tidak dapat minggu lalu untuk merayakan Idul Fitri, pesta Muslim yang menggembirakan yang menandai akhir bulan puasa Ramadhan, banyak warga Gaza turun ke jalan pada pukul 2 pagi pada hari Jumat untuk memuji dimulainya gencatan senjata Hamas dengan Israel yang mengakhiri 11 hari permusuhan.

"Tuhan maha besar dan terima kasih kepada Tuhan," teriak mereka dalam bahasa Arab, dikutip dari Reuters.

Mobil memenuhi jalan-jalan utama Gaza, pengemudi membunyikan klakson dan mengibarkan bendera dari jendela, dalam adegan yang mengingatkan pada perayaan gencatan senjata dan pembebasan tahanan di masa lalu.

Hamas, kelompok militan Islam yang menguasai Gaza, menganggap pertempuran itu sebagai perlawanan yang berhasil dari musuh yang lebih kuat secara militer dan ekonomi.

Pengeras suara masjid memuji apa yang mereka sebut 'kemenangan yang dicapai perlawanan atas pendudukan selama pertempuran Pedang Yerusalem'. Orang-orang menembakkan petasan sebagai tanda berakhirnya perang.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan 232 warga Palestina, termasuk 65 anak-anak, tewas dan lebih dari 1.900 terluka dalam serangan udara Israel dan pemboman artileri.

Di Tel Al-Hawa di Kota Gaza, orang-orang mengatakan bahwa mereka merayakan keselamatan mereka, dan apa yang mereka pandang sebagai kemenangan mereka.

"Dengan jiwa dan darah, kami menebusmu, Deif," teriak mereka, memanggil nama komandan militer tertinggi Hamas, Deif, yang menempati urutan teratas dalam daftar buronan Israel.

"Ini adalah kemenangan besar atas pendudukan. Orang-orang perlawanan kami memaksa mereka melakukan gencatan senjata," kata Ahmed Amer, 30, saat dia merayakannya dengan teman-temannya.

"Hari ini adalah saat Idul Fitri dimulai. Ya, kami turut berduka cita dan sedih atas orang-orang kami yang kehilangan rumah dan kerabatnya, namun meskipun demikian, kami akan merayakannya," kata Amer.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X