IPB: Guru Berperan Penting Bagi Perkembangan Generasi Bangsa

- Minggu, 3 November 2019 | 11:16 WIB
Dok. IPB University
Dok. IPB University

Dekan Fakultas MIPA IPB University Dr. Sri Nurdiati menyatakan pentingnya peran guru bagi perkembangan generasi bangsa Indonesia melalui pendidikan formal di sekolah maupun di luar sekolah.

"Sebagai guru, kita berkesempatan untuk menyiapkan generasi lebih baik. Harapannya siswa kita menjadi pemimpin-pemimpin bangsa ini di masa mendatang," kata Dr Sri Nurdiati di Bogor, Minggu (3/11).

Sri Nurdiati juga mengingatkan, pada semester genap sangat penting bagi siswa kelas XII untuk mempersiapkan diri menyongsong jenjang pendidikan selanjutnya. Dengan begitu, lanjutnya, guru harus terus giat membesarkan dan menyiapkan siswa untuk masuk ke perguruan tinggi.

Senada dengan itu, praktisi di bidang motivasi pendidikan, Namin AB Ibnu Solihin juga menekankan bahwa metode pembelajaran perlu perubahan untuk menyesuaikan siswa generasi milenial.

Menurut dia, guru diharapkan bisa menjadi pendidik sekaligus teman belajar yang dekat dengan siswa, melalui berbagai macam inovasi agar siswa nyaman dengan suasana pembelajaran.

"Guru saat ini harus juga bisa dekat dengan teknologi informasi, menggunakan media sosial sebagai salah satu metode pembelajaran, misalnya menggunakan video, fun game, ice breaking, sharing, dan lainnya," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X