KPK Tegaskan Telah Kembalikan Parcel ke Pemkab Demak 

- Minggu, 12 Maret 2023 | 14:10 WIB
Logo KPK. (Indozone/Asep Bidin Rosidin)
Logo KPK. (Indozone/Asep Bidin Rosidin)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan telah mengembalikan bingkisan atau parcel yang diberikan oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati mengatakan, pengembalian bingkisan atau parcel tersebut diterima langsung oleh Inspektur Pemkab Demak.

“Pengembalian parcel ini diterima langsung oleh Inspektur Pemkab Demak,” kata Ipi melalui keterangan tertulis, Minggu (12/3/2023). 

Lebih lanjut Ipi membeberkan kronologis dari pengembalian parcel tersebut. Awalnya, Tim Satgas Koordinasi dan Supervisi KPK melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) di Pemkab Demak. Kegiatan tersebut berlangsung pukul 9.00 sampai 17.00 WIB, pada Kamis (9/3/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Ibu Negara Melayat ke Rumah Duka Istri Moeldoko

Setelah selesai kegiatan dan keluar Pemkab Demak, kata Ipi, Tim KPK ditemui oleh sejumlah orang dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menanyakan terkait kegiatan monev tersebut. Namun, Tim KPK menolak untuk diwawancarai.

Ipi mengungkapkan, Tim KPK langsung masuk ke mobil. Namun, dalam perjalanannya tim lembaga antirasuah mendapatkan informansi dari driver bahwa ada titipan parcel sebanyak dua paket dari Pemkab Demak. 

Mengetahui informasi tersebut, lanjut Ipi, Tim KPK langsung bergegas putar balik dan mengembalikan parcel tersebut kepada Pemkab Demak.

Baca Juga: Istri Moeldoko Meninggal, Airlangga Hartarto dan Mahfud MD Bertakziah ke Rumah Duka 

Ipi mengimbau kepada seluruh pihak untuk tidak memberikan bingkisan ataupun hadiah dalam bentuk apa pun kepada Insan KPK dalam pelaksanaan tugas-tugasnya. Baik dalam ranah penindakan, pencegahan, maupun sosialisasi dan kampanye dalam rangka edukasi antikorupsi. 

“Seluruh kegiatan KPK telah dibiayai oleh Uang Negara yang nantinya juga dipertanggungjawabkan penggunaannya sebagai prinsip akuntabilitas,” imbau Ipi.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X