Menhan Prabowo: Komando Teritorial Tulang Punggung Pertahanan Negara 

- Minggu, 12 Maret 2023 | 11:27 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kodam VI/Mulawarman (Mlw) pada Sabtu (11/3/2023) kemarin.

Dalam kunjungannya, Prabowo memberikan pembekalan kepada 2000 Babinsa jajaran Kodam VI/Mlw yang meliputi 3 Provinsi yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. Selain itu, ia juga memberikan bantuan 140 unit motor dinas sebagai dukungan transportasi untuk pelaksanaan tugas.

Prabowo menyampaikan, untuk membangun pertahanan negara yang kuat harus diawali dari TNI yang berada di bawah komando teritorial. 

“Komando teritorial adalah tulang punggung dari pertahanan negara dan merupakan senjata rahasia rakyat Indonesia, di mana dengan komando teritorial, bangsa Indonesia mampu merdeka dan berhasil mengusir penjajah,” kata Prabowo dalam keterangannya, Minggu (12/3/2023). 

Sesuai dengan UU RI No. 34 Tahun 2004, kata Prabowo, sistem pertahanan Indonesia adalah (Sishankamrata) yakni pertahanan keamanan rakyat semesta, dimana sistem pertahanan melibatkan seluruh komponen bangsa. Ia menyebut, Inti dari Sishankamrata wujudnya adalah komando teritorial, dimulai dari Pangdam, Danrem, Dandim, Danramil hingga Babinsa. 

Baca Juga: Mahasiswi Tewas Usai Jatuh dari Lantai 18 Apartemen di Jaksel

“Inilah tulang punggung pertahanan Indonesia. Karenanya, seluruh Babinsa di Indonesia akan mendapatkan kendaraan motor dinas untuk mendukung mobilitas. Termasuk melengkapi fasilitas alat komunikasi yang dapat menghubungkan langsung dengan komando atas,” tutur Prabowo.

Menurut Prabowo, babinsa adalah ujung tombak yang mewakili seluruh TNI. Ia menuturkan, babinsa harus mengenal seluruh masyarakatnya, membantu sekaligus merebut hati dan pikiran rakyat. 

“Kita akan bangun TNI yang kuat, karena dengan tentara yang kuat akan menjamin negara aman,” ujar Prabowo. 

“Negara aman menjamin perdamaian dan perdamaian akan menjamin pertumbuhan ekonomi sehingga negara dapat menjadi makmur,” sambungnya. 

Baca Juga: Megawati Ucapkan Selamat ke Xi Jinping yang Terpilih Jadi Presiden China Periode Ketiga

Adapun kedatangan Prabowo disambut oleh Pangdam VI/Mlw Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo dan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi.

Pangdam mengungkapkan rasa hormat dan kebanggaan bagi Kodam VI/Mlw atas kesempatan kunjungan Prabowo Subianto yang juga bersedia memberikan pembekalan terlebih bantuan sepeda motor untuk mendukung pelaksanaan tugas para Babinsa.

“Kami merasa sangat terhormat sekali, Bapak dapat hadir di tengah tengah kami. Ini merupakan kehormatan untuk kami semua. Dan untuk seluruh Babinsa yang hadir, agar mencatat hal-hal yang penting dalam pembekalan ini sebagai pedoman melaksanakan tugas di kewilayahan,” ucap Budi Utomo.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X