Singapura Larang Iklan Minuman Manis, Indonesia Bisa?

- Senin, 11 November 2019 | 18:17 WIB
Ilustrasi minuman manis. (pexels.com)
Ilustrasi minuman manis. (pexels.com)

Singapura telah melarang iklan minuman manis dalam kemasan berseliweran di negaranya. Ini sebagai bentuk upaya memerangi penyakit diabetes.

Mampukah Indonesia melakukan kebijakan serupa?

Hal ini nampaknya sulit diwujudkan. Pasalnya, konsumsi makanan di Singapura dan Indonesia sangat berbeda.

Hal tersebut disampaikan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, dalam konferensi pers Hari Diabetes di Kementerian Kesehatan, Senin (11/11). 

"Katakan waktu itu meat ball (bakso) yang disampaikan pak Menteri waktu itu, meat ball-nya beda dengan yang ada di Indonesia. Di sana itu sudah dicampuri dengan segala sesuatu yang membuat enak dan membuat pemicu semacam itu," kata Anung.

Perbedaan inilah yang dinilai sulit buat pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan yang sama dengan Singapura. 

Sementara itu, di saat yang sama, Anung mengungkapkan ada ajakan kerja sama dari Filipina dalam hal industri makanan. Saat ini Kementerian Kesehatan masih meninjau ajakan tersebut. (NN)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X