Survei Litbang Kompas: Ridwan Kamil Meraih Suara Pemilih Anak Muda

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 18:17 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (INDOZONE/Harits Tryan)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (INDOZONE/Harits Tryan)

Hasil survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas memperlihatkan elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu sosok yang mendapat perhatian dari pemilih muda.

Sebagaimana survei yang dirilis Litbang Kompas periode Januari dan Juni 2022, sekitar 62 persen suara gen Z terdistribusi ke nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Baca Juga: Gen Z Bisa Redam Polarisasi di Pemilu 2024, Ini Alasannya

Namun, dalam survei Litbang Kompas di bulan Oktober suara Gen Z ke tiga nama itu turun menjadi 58 persen. Hal tersebut dikarenakan pemilih muda menemukan sosok baru yang dianggap layak menjadi calon presiden.

Adapun nama yang mulai mendominasi adalah Ridwan Kamil lantaran banyak mendapatkan suaran baru dari Gen Z. Kini elektabilitas Gubernur Jawa Barat ini berada diangka 10,4 persen.

Baca Juga: Partisipasi Politik Gen Z Dinilai Sangat Menentukan Besarnya Legitimasi Pemilu Masa Depan

Sebelumnya Ridwan Kamil elektabilitasnya hanya berada di angka 6,3 persen saat periode survei Litbang Kompas lalu. Sehingga Kang Emil--sapaan Ridwan Kamil--berada di posisi ke-empat sebagai sosok yang dianggap layak menjadi capres versi Gen Z.

Di posisi pertama nama yang diangggap layak menjadi capres versi Gen Z adalah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 28,1 persen. Kemudian ada Prabowo Subianto hanya diangka 16,6 persen dan Anies Baswedan dengan elektabilitas 13,3 persen.

Bahkan elektabilitas Ridwan Kamil juga melampaui nama Sandiaga Uno yang sebelumnya berada diposisi ke-empat dengan kisaran angka elektabilitas sebesar 4-6 persen.

Survei Litbang Kompas ini digelar pada 24 September-7 Oktober 2022. Untuk metode wawancara langsung dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi. 

Untuk para responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,8 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X