Kalahkan Anies hingga Ahok, Ridwan Kamil Miliki Elektabilitas Tinggi untuk Pilgub DKI 2024

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 22:10 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (INDOZONE/Harits Tryan)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (INDOZONE/Harits Tryan)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas yang tinggi untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta pada 2024 mendatang. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga Populi Center.

Peneliti Populi Center, Dimas Ramadan mengatakan mengajukan sejumlah pertanyaan tertutup yang berisi 24 nama kandidat calon gubernur DKI kepada para responden.

"Berkaitan dengan masa kepemimpinan DKI Jakarta, nama Ridwan Kamil mendapat dukungan paling tinggi untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 dengan (elektabilitas) 69,7 persen," ucapnya, Kamis (20/10/2022).

Dalam survei tersebut, Populi Center mendapatkan hasil bahwa nama Sandiaga Uno menjadi peringkat kedua yang memiliki elektabilitas di bawah Ridwan Kamil, yakni sebanyak 67,7 persen.

Baca Juga: Sambut Baik Ganjar yang Siap Nyapres, NasDem: Rival Sepadan Anies

Posisi selanjutnya diisi oleh Anies Baswedan dengan suara 66,2 persen, kemudian Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 55 persen, Najwa Shihab 45,7 persen.

Lalu, mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapatkan elektabilitas sebanyak 42,5 persen, dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini 40,2 persen.

Baca Juga: Demokrat Klaim AHY Penuhi Syarat sebagai Cawapres Anies Baswedan

"Adapun nama-nama lain mendapatkan dukungan di bawah 50 persen," tandas Dimas.

Diketahui, survei ini dilakukan di DKI Jakarta pada 9 hingga 16 Oktober 2022 dengan sampel responden sebanyak 600 tersebar secara proporsional di 60 kelurahan di Provinsi DKI Jakarta dengan margin of error (MoE) kurang lebih 4,00 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X