Diplomasi Mangrove ala Presiden Jokowi di Hari Kedua KTT G20

- Rabu, 16 November 2022 | 18:00 WIB
Penanaman Mangrove pada hari kedua KTT G20 (Media Center G20)
Penanaman Mangrove pada hari kedua KTT G20 (Media Center G20)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pimpinan delegasi di KTT G20, termasuk kepala negara dan kepala pemerintahan, menanam benih mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar, Rabu (16/11/2022).  Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah, mengatakan kegiatan ini merupakan komitmen terhadap pelestarian lingkungan hidup.

"Acara tersebut memang sudah menjadi agenda resmi KTT G20," kata Teuku Faizasyah kepada Tim Komunikasi dan Media G20, Rabu (16/11/2022).

Penanaman mangrove berlangsung dalam suasana santai. Presiden Jokowi dan para tamu negara hampir seluruhnya mengenakan kaus berkerah warna putih lengan panjang dengan logo G20 di dada kiri.

-
Penanaman mangrove oleh para anggota G20 (Media Center G20)

Baca Juga: Sah! KTT G20 Sepakati "Bali Leaders' Declaration"

Prosesi penanaman dimulai sekira pukul 11.00 WITA. Para pemimpin berbaris di bibir undakan kayu dengan bibit mangrove masing-masing. Kemudian, secara bersamaan mereka memasukkan bibit ke lubang yang disediakan dan menutupnya menggunakan cangkul.

Pada sesi penanaman mangrove ini, Presiden Jokowi diapit Perdana Menteri India Narendra Modi di kanan dan Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen di sisi kiri.

Selain itu, hadir juga Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, dan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva.

Setelah menanam bibit, Presiden Jokowi kemudian mengajak tamu negara berkeliling Tahura Ngurah Rai. Keakraban dan suasana santai terlihat sepanjang mereka berkeliling. Para pemimpin delegasi saling bertukar teman berbincang.

Presiden Jokowi, tampak beberapa kali berbincang dengan Joe Biden yang berjalan di baris terdepan. Di belakang keduanya, Narendra Modi juga tampak berbincang santai dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Presiden Jokowi juga mengajak para pemimpin melihat lokasi penangkaran bibit mangrove. Presiden bahkan beberapa kali berjongkok mengambil dan memperlihatkan bibit bakau kepada para tamu. Seusai berkeliling, Presiden mengajak para pemimpin untuk beristirahat dan menyantap makanan yang disediakan.

Acara penanaman mangrove bersama ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk mengatasi perubahan iklim global yang sesuai dengan tema G20 Recover Together, Recover Stronger. Mangrove dikenal mampu menyerap karbon, memproteksi daratan dari erosi, menjadi hunian biota laut, dan mencegah abrasi laut.

Baca Juga: Megawati dan SBY Duduk Semeja, Gerindra: Berkah G20 

Indonesia sendiri adalah negara dengan hutan mangrove terluas di dunia dengan luas mencapai 3,63 juta hektare (Ha) atau 20,37 persen dari total dunia. Menyusul Brasil di posisi kedua dengan 1,3 juta Ha, lalu diikuti Nigeria (1,1 juta Ha), Australia (0,97 juta Ha), dan Bangladesh (0,2 juta Ha).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X