Sebelum Sambut Tamu KTT G20, Presiden Jokowi Cek Bibit Bakau di Tahura

- Rabu, 16 November 2022 | 09:37 WIB
Presiden Jokowi cek bibit tanaman bakau (Antara/Genta Tenri Mawangi)
Presiden Jokowi cek bibit tanaman bakau (Antara/Genta Tenri Mawangi)

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tengah berlangsung di Bali, pada 15 hingga 16 November 2022. Pada hari kedua, Rabu (16/11/2022), akan dilakukan showcase konservasi hutan bakau (mangrove).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek secara langsung beberapa bibit tanaman bakau di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar, Bali, sebelum menyambut kedatangan para kepala negara anggota G20, INDOZONE melansir dari Antara, Rabu (16/11/2022). Jokowi, yang terlihat mengenakan kaos berkerah putih berlogo G20, tiba di lokasi Tahura Ngurah Rai bersama rombongan jurnalis Istana Kepresidenan dari beberapa negara anggota G20, beserta jurnalis dari Indonesia yang menjadi host dan official.

Di lokasi itu, yang akan menjadi tempat side event G20, yaitu showcase konservasi hutan bakau (mangrove), Presiden Jokowi berkeliling lokasi sambil memberi paparan kepada para jurnalis yang mengikuti pergerakannya. Ia menyusuri titik showcase yang merupakan trek berbentuk melingkar yang tersambung pada lintasan di tengah hutan bakau.

-
Presiden Jokowi saat berpidato (Reuters/Bay Ismoyo)

Baca Juga: Hore! Belanja di Empat Negara Ini Bisa Pakai Rupiah

Presiden Jokowi, yang terlihat mengenakan sneakers hitam, melanjutkan perjalanan ke area nursery bibit bakau, yang jumlahnya ada sekitar 6 juta bibit. Presiden Jokowi, yang berkeliling selama lebih dari 20 menit, pun mengakhiri sesi pengecekan dengan kembali ke area pendopo wantilan yang menjadi area bersantai dan menjamu para tamu negara.

Di sela-sela kunjungannya itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Gubernur Bali I Wayan Koster, ikut mendampingi Presiden.

Menteri PUPR terlihat mengenakan topi yang dibalik dan membawa kamera untuk merekam aktivitas Presiden Jokowi. Di tengah-tengah rombongan jurnalis asing dan Indonesia, Basuki Hadimuljono juga terlihat aktif menekan tombol shutter kamera dan ikut berlari bersama para wartawan mendahului Presiden Jokowi agar dapat mendapatkan foto terbaik.

Baca Juga: KTT G20: Presiden Jokowi Soroti Kesenjangan Kapasitas Kesehatan

Para tamu negara dijadwalkan menghadiri side event KTT G20 di Tahura Ngurah Rai sebelum akhirnya melanjutkan working session ketiga di The Apurva Kempinski. Para tamu negara itu akan menyaksikan secara langsung salah satu aksi konservasi hutan bakau di Indonesia. Di lokasi itu, Presiden Jokowi hendak memperlihatkan komitmen Indonesia merawat keberlangsungan hutan tropis, termasuk hutan bakau.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X