The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mau Daftar Kartu Prakerja? Ini Caranya
Peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
News

Mau Daftar Kartu Prakerja? Ini Caranya

Ada tesnya.

Sabtu, 11 April 2020 22:09 WIB 11 April 2020, 22:09 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah secara resmi telah membuka pendaftaran program Kartu Prakerja pada hari ini, Sabtu (11/4/2020) pukul 19.00 WIB. 

Hal itu ditandai melalui launching yang dilakukan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, disaksikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, serta Perwakilan Menteri Dalam Negeri. 

Keikutsertaan program Kartu Prakerja tersebut bisa dilakukan secara online melalui laman resmi www.prakerja.go.id.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, mundurnya waktu launching Kartu Prakerja tersebut, guna memastikan bahwa situs tersebut dapat beroperasi dengan baik, sehingga bisa memberikan layanan yang handal dan aman bagi masyarakat. 

“Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi UKM akan membantu melakukan pendampingan pendaftaran dan membantu menyediakan beberapa komputer untuk masyarakat ditempat yang ditentukan oleh pemerintah daerah, sehingga dapat mengikuti pendaftaran maupun pelatihan yang akan dipilih," ujar Airlangga, Sabtu (11/4/2020). 

Dengan memeroleh Kartu Prakerja, mereka yang terdaftar bisa mengikuti pendidikan kerja secara offline maupun online.

Nantinya, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang. Rinciannya Rp 1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp 600 ribu selama 4 bulan untuk insentif pelatihan dan Rp 150 ribu insentif survei pekerjaan yang dilakukan sebanyak 3 kali.

"Adapun jenis pelatihan yang bisa diambil peserta saat pandemi seperti ini, adalah hanyalah pelatihan secara daring atau online," kata Airlangga Hartarto

airlangga hartarto
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Syarat Pendaftaran

Adapun syarat utama untuk bisa mendapatkan pendidikan ini adalah warga negara Indonesia berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal apapun. 

Untuk bersiap memanfaatkan layanan ini, ada baiknya disimak terlebih dahulu cara ikut dalam program ini melalui situs prakerja.go.id:

  1. Daftarkan akun pribadi di situs prakerja.go.id. Untuk ini anda harus memasukkan email dan nomor ponsel. Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel.
  2. Selanjutnya login akun dan klik daftar Kartu Prakerja dan isi formulir pendaftaran.
  3. Selanjutnya akan ada tes kemampuan dasar. Jika dinyatakan lulus, maka anda akan dihubungi dan memilih pelatihan yang ingin diikuti.
  4. Setelah terdaftar, para peserta nantinya akan mendapatkan hak untuk diberikan pendidikan dan pelatihan dan akan diberikan sertifikat setelah dinyatakan lulus. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Sigit Nugroho
Fauzi

Fauzi

Editor
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US