Antisipasi Musim Hujan, Pj Gubernur DKI Heru Minta Pembangunan Pompa Kali Sentiong Dikebut

- Senin, 24 Oktober 2022 | 20:00 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (Antara/Darryl Ramadhan)
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (Antara/Darryl Ramadhan)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meninjau lokasi pembangunan pompa air Kali Sentiong, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pembangunan ini merupakan kewenangan dari Kementerian PUPR, melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

Heru ingin memastikan, seluruh jajarannya terutama di Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta agar mempercepat koordinasi. Selain itu, dia pun meminta jajarannya, untuk selalu berkomunikasi dengan pihak BBWSCC agar proses pembangunan pompa Sentiong bisa dipercepat.

"Tadi, saya minta dipercepat. Jadi, sebelum musim hujan tahun depan, bisa selesai. Sehingga, saat momen musim hujan, terlihat hasilnya (bisa tertanggulangi),” ucap Heru, Senin (24/10/2022).

Baca Juga: Sepekan Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta, Kinerja Heru Dipuji Pimpinan DPRD

“Lalu, untuk dua pompa yang sudah ada, bisa dipergunakan untuk (antisipasi musim hujan) yang dimulai pada bulan Oktober ini," tambah Heru.

Dalam peninjauan itu, Kepala BBWSCC, Bambang Heri Mulyono, menjelaskan progres pembangunan pompa air tersebut sudah mencapai 51 persen. Menurutnya, pembangunan pompa Sentiong ini akan rampung pada Oktober 2023.

"Bahkan, bulan depan sudah ada dua pompa yang sudah dikirim ke sini dari Inggris dan nanti pada bulan Desember, kita akan memulai instalasinya,” papar Bambang.

Baca Juga: Soal Percepatan Integrasi Transportasi Umum, Pj Gubernur DKI Jakarta Temui Menhub

“Kemudian, tahun depan yang tiga akan dikirim juga. Jadi, untuk kapasitas pompa di sini, masing-masing pompa kapasitasnya 10 m3 per detik dan ada lima pompa, sehingga total ada 50 m3 per detik," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X