Peringati Hari Santri Nasional 2022 Pj Gubernur DKI Heru Salurkan Bantuan Sarana Pertanian

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 02:12 WIB
Memperingati Hari Santri Nasional 2022 Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono Salurkan Bantuan Sarana Pertanian Perkotaan (Humas Pemprov DKI Jakarta)
Memperingati Hari Santri Nasional 2022 Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono Salurkan Bantuan Sarana Pertanian Perkotaan (Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta menyalurkan bantuan sarana pertanian perkotaan (urban farming) pada perwakilan Pondok Pesantren dari lima wilayah Kota Administrasi.

Penyaluran bantuan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022, yang diserahkan secara simbolik oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Pondok Pesantren Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (20/10/2022)

"Kami memahami betul bahwa pangan menjadi salah satu kebutuhan primer umat manusia, oleh karena itu kegiatan urban farming menjadi salah satu solusi," ujar Heru

Pj Gubernur juga berharap agar sarana pertanian ini dapat dijadikan semangat baru bagi para santri dalam menerapkan urban farming, sekaligus mewujudkan kemandirian pangan di lingkungan pesantren.

Baca Juga: PSI Dukungg Posko Pengaduan Diaktifkan Kembali oleh Pj Gubernur Heru

Kepala Kanwil Kementerian Agama Cecep Khairul Anwar mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional 2022 diharap dapat memotivasi para santri agar meningkatkan kualitas diri di masa yang akan datang.

"Selain dapat memberdayakan para santri, hadirnya dukungan urban farming ini akan meningkatkan kualitas pangan para santri dan berdampak pada kesehatannya juga," ujar Cecep

Menurut Cecep, penerapan urban farming yang dirawat dengan minimnya penggunaan bahan pestisida kimia dapat menghasilkan produk pertanian yang lebih sehat dan segar.

Selain itu Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, terdapat 50 bantuan rak hidroponik yang diberikan kepada 25 Pondok Pesantren di Jakarta.

Baca Juga: Rajin Blusukan dan Buka Posko Pengaduan, Pj Gubernur DKI: Saya Pelayan Rakyat

Adapun yang menerima bantuan secara simbolis adalah perwakilan dari pesantren di 5 (lima) wilayah kota, yaitu:

- Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur
- Darunnajah, Pesanggrahan, Jakarta Selatan
- Minhajut Tholibin, Kalideres, Jakarta Barat
- Al Wathoniyah 43, Cilincing, Jakarta Utara
- Minhaajurrosidin, Cipayung, Jakarta Timur

Eliawati mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam menerapkan konsep urban farming demi mewujudkan ketahanan pangan sekaligus peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kota Jakarta.

Oleh karena itu, Dinas KPKP DKI Jakarta siap mendukung dan mendampingi pesantren-pesantren di Jakarta dalam mengelola urban farming.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X