Menurut Wiranto, Asap di Riau Tidak Separah yang Diberitakan

- Kamis, 19 September 2019 | 15:57 WIB
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Selama ini, di media sosial ramai netizen yang berkeluh kesah soal kabut asap di Kalimantan dan juga Riau. Namun, Menkopolhukam Wiranto menyebut bahwa kondisi asap di Riau tidak separah yang banyak diberitakan media.

Dia mengatakan ini berdasarkan kunjungan langsung ke Riau bersama dengan Presiden Jokowi. "Ketika saya melihat dengan presiden antara realitas dengan yang dikabarkan, dengan yang ada, itu sangat berbeda. Ternyata kemarin waktu kita di Riau tidak separah yang diberitakan," kata Wiranto saat konferensi pers yang dilaksanakan di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (18/9).

Wiranto menyebut bahwa saat dia berada di Riau, jarak pandang masih cukup baik, sehingga pesawat yang ditumpanginya bersama presiden bisa mendarat dengan sempurna. Dia juga melihat warga di Riau banyak yang tidak memakai masker.

"Pesawat mendarat masih bisa, masyarakat juga belum banyak yang pakai masker dan sebagainya. Kita pun juga tidak pake masker. Karena pada saat siang sangat jelas awan-awan terlihat," tuturnya.

Meski begitu, dia berharap karhutla dapat segera ditangani sehingga tidak ada lagi kabut asap. Dia meminta seluruh elemen tidak perlu saling menyalahkan, dan menghadapi masalah ini bersama-sama.

"Tidak hanya tugas pemerintah, tapi juga tugas kita bersama, titik-titik api semakin lama semakin berkurang. Memang kemarin secara penegakan hukum, kita sudah mengancam kepada para pembakar, apakah koorporasi atau perorangan agar diberi hukuman yang setimpal dan tegas," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X