Usut Kasus Lukas Enembe, KPK Periksa Anak Buah Arsjad Rasjid

- Kamis, 29 Desember 2022 | 13:05 WIB
Gedung KPK (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Gedung KPK (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap karyawan swasta bernama Kiki Otto Kurniawan pada hari ini, Kamis (29/12/2022).

Dia bakal dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pekerjaan atau proyek bersumber dari APBD Provinsi Papua yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe

Kiki merupakan senior manager corporate affairs di PT Indika Energy. Diketahui, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat merupakan Direktur Utama di perusahaan tersebut.

-
Lukas Enembe (ANTARA FOTO/Moch Hasim)

Baca Juga: Soal Kasus Lukas Enembe, KPK Minta Ketua Kadin Kooperatif Penuhi Panggilan Penyidik

"Hari ini, pemeriksaan saksi tindak pidana korupsi suap dan gratifikasi terkait pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua, untuk tersangka LE (Lukas Enembe, Gubernur Papua)," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Kamis (29/12/2022).

Kendati demikian, belum diketahui apa yang akan didalami tim penyidik dari pemeriksaan Kiki Otto Kurniawan terkait kasus rasuah Lukas Enembe ini. Sebelumnya, bos Kiki, yakni Arsjad Rasjid, juga sudah dipanggil oleh penyidik. Arsjad Rasjid sedianya dipanggil untuk bersaksi pada Selasa 13 Desember 2022, tapi ia tidak memenuhi panggilan lembaga antirasuah.  

KPK pun mengultimatum Arsjad Rasjid supaya memenuhi panggilan sebagai saksi kasus dugaan suap dan gratifikasi yang melibatkan Lukas Enembe. Ali Fikri menilai keterangan Arsjad Rasjid sangat dibutuhkan demi menerangkan kasus yang menjerat Lukas Enembe.

Baca Juga: KPK Bakal Panggil Kembali Ketum Kadin Arsjad Rasjid Terkait Kasus Lukas Enembe

"Berikutnya, tentu pasti kami panggil. Kami berharap yang bersangkutan kooperatif karena keterangannya dibutuhkan dalam proses dimaksud. Sehingga, menjadi jelas dan terang," kata Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa 27 Desember 2022.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X