Komjen Agus Andrianto Dinilai Layak Jabat Wakapolri, Irjen Fadil Imran Jadi Kabareskrim

- Jumat, 24 Maret 2023 | 02:01 WIB
Komjen Pol Agus Andrianto (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)
Komjen Pol Agus Andrianto (Dok. Divisi Humas Mabes Polri)

Posisi Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (wakapolri) tak lama lagi akan berganti usai pensiunnya Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Posisi wakapolri dinilai layak disandang oleh Komjen Agus Andrianto yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri. Sementara itu, Irjen Fadil Imran layak menjadi Kabareskrim menggantikan Agus.

"Pengganti Komjen Gatot Eddy Pramono harus seorang bintang tiga senior yang harus mampu mengkonsolidasi internal Polri untuk tetap solid," kata Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso, kepada wartawan, dikutip Jumat (24/3/2023).

Dikatakannya, saat ini masih banyak pati Polri yang lebih senior dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Oleh sebab itu, diperlukan peran wakapolri untuk bisa membawa internal Polri tetap solid.

-
Komjen Agus Andrianto (ANTARA FOTO)

Baca Juga: Baku Tembak Terjadi Lagi di Papua, 1 KKB Ditemukan Tewas!

"Hal ini menjadi perhatian IPW karena posisi Kapolri yang dijabat oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang adalah Akpol 1991, sementara beberapa pejabat utama Polri bahkan ada lebih senior membutuhkan peran Wakapolri yang senior yang mampu mengkonsolidasikan internal Polri agar tetap solid," beber Sugeng.

Hingga kini, terdapat tiga jenderal senior yang memiliki pangkat jenderal polisi bintang tiga alias komjen. Pangkat tersebut sudah bisa memegang jabatan Wakapolri.

Ketiga polisi senior tersebut antara lain Komjen Agus yang kini menjabat sebagai Kabareskrim, Komjen Ricko Amelza yang kini menjabat sebagai Kalemdiklat, dan Komjen Anang.

"Ada dua figur yang pantas isi posisi (wakapolri) antara lain, Komjen Agus Andrianto atau Komjen Rycko Amelza. Komjen Rycko angkatan 88, peraih Adhi Makayasa dan Komjen Agus angkatan 89 sehingga diharapkan dapat menjaga soliditas internal," kata Sugeng.

Irjen Fadil Imran Layak Jabat Posisi Kabareskrim

Selain itu, jika posisi Komjen Agus benar terpilih menjadi wakapolri, dia akan meninggalkan jabatan lamanya sebagai Kabareskrim Polri. IPW menilai, sosok Irjen Fadil, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, layak menempati posisi Kabareskrim Polri.

Baca Juga: Niat Munggahan Sambut Puasa, 7 Orang Justru Jadi Korban Letupan Api

"Bila posisi Wakapolri diisi oleh Komjen Agus Andrianto, maka posisi Kabareskrim yang lowong tepat diisi oleh Irjen Fadil Imran, Kapolda Metro yang memang keahkiannya adalah reserse," pungkas Sugeng.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X