Cak Imin Ngaku Diperintah Kiai Maju Pilpres 2024: Jadi Capres atau Cawapres

- Minggu, 14 Mei 2023 | 21:00 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar di Gedung KPU RI (Z Creator/Mentari Meida)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar di Gedung KPU RI (Z Creator/Mentari Meida)

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengaku tak akan maju sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024. Dia menyebut dirinya telah diperintahkan para kiai untuk maju pada perhelatan Pilpres 2024.

"Kalau Muhaimin Iskandar tidak mencalonkan diri (sebagai caleg)," katanya di Kantor KPU RI, Jakarta.

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu tengah mendaftarkan bakal caleg (Bacaleg) PKB tingkat DPR RI ke KPU RI. Ada sebanyak 580 Bacaleg yang diajukan PKB untuk maju dalam persaingan Pileg 2024.

Baca juga: Cak Imin Dukung Wacana Koalisi Besar: Tambah Kekuatan Lebih Baik

Meski demikian, Cak Imin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI, mengatakan kali ini dirinya tak akan ikut dalam persaingan memperebutkan kursi wakil rakyat. Dia mengaku telah mendapat tugas lain pada Pemilu 2024 mendatang.

"Saya diperintah oleh para kiai, dewan syura, ijtima ulama, untuk tidak nyaleg," katanya.

-
Massa PKB saat pendaftaran Bacaleg DPR RI di depan Gedung KPU RI (Z Creator/Mentari Meida)

Cak Imin menjelaskan, larangan tersebut disampaikan agar dirinya dapat fokus untuk bersaing pada Pilpres 2024. Meski demikian, dia belum memastikan akan berada di posisi mana dirinya bersaing dalam pemilihan presiden tersebut.

Baca juga: Elektabilitas Prabowo dan Gerindra Naik, Cak Imin: Tanda-tanda Juara Pemilu!

"(Jadi calon) presiden atau wapres. Kalau tidak capres ya cawapres, yang penting bukan wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden)," katanya sambil berseloroh.

Dalam menghadapi Pilpres 2024, PKB telah menjalin koalisi dengan Partai Gerindra, dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Kedua partai masih berupaya menambah kekuatan, dengan melakukan pendekatan pada partai lain untuk bergabung bersama mereka. 

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk, bikin cerita dan konten serumu, serta dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X