Kerahkan Hercules dan Helikopter, Ini Skema TNI Pulangkan Pengungsi
Pengungsi di Lanud Silas Papare menaiki Hercules milik TNI untuk kembali ke Wamena. (Kemenkopolhukam)
News

Kerahkan Hercules dan Helikopter, Ini Skema TNI Pulangkan Pengungsi

Agar masyarakat kembali menghidupakan Wamena.

fauzi
Rabu, 09 Oktober 2019 13:22 WIB 09 Oktober 2019, 13:22 WIB

INDOZONE.ID - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto  memastikan, TNI akan mendukung dan memfasilitasi pengungsi yang ingin kembali ke wilayahnya masing-masing dari Papua, khususnya dari Wamena. 

Dikatakan olehnya, kesiapan dan dukungan untuk memfasilitasi ini dilakukan dengan mengerahkan sejumlah armada Pesawat Hercules dan Helikopter untuk mendukung dan memfasilitasi para pengungsi. 

"TNI akan memfasilitasi para pengungsi yang ingin kembali ke Wamena. Karena keadaan di sana sudah kondusif. Para pengungsi yang berad di Lanud Silas Papare juga berharap dapat kembali secepatnya ke tempat tinggal mereka di Wamena," kata Panglima TNI, saat mendampingi Menkopolhukam Jenderal (purn) TNI Wiranto dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek melepas kepulangan para pengungsi di Lanud Silas Papare, Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (9/10).

wiranto, panglima tni, pengungsi papua, wamena
(Puspen TNI)

Lebih jauh Panglima TNI menerangkan, untuk mendukung pemulangan para pengungsi tersebut, TNI akan mengerahkan armada pesawat angkut Hercules C-130, serta helikopter angkut yang ada di jajaran TNI. Penggunaan kedua moda angkutan udara ini, menyesuaikan kebutuhan di lapangan. 

"Di Jayapura, TNI menyiapkan tiga armada Pesawat Hercules untuk mengangkut pengungsi kembali ke Wamena. Sementara untuk pengungsi yang berada di Ilaga, kita akan gunakan helikopter yang akan berangkat dari Timika. Sementara untuk yang di Merauke, kita kerahkan Hercules untuk membawa kembali pengungsi ke Wamena," papar Hadi.

Panglima TNI menegaskan, personel TNI dan Polri akan tetap menjaga stabilitas keamanan di wilayah Wamena , Papua termasuk juga yang berada di Oksibil serta ilaga, dengan melakukan penambahan pos pengamanan sesuai permintaan dari beberapa tokoh masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Editor