Kondisi Wamena Kondusif, Wiranto Imbau Pengungsi Kembali

- Rabu, 9 Oktober 2019 | 12:58 WIB
Menkopolhukam Wiranto saat berdialog dengan pengungsi yang hendak kembali ke Wamena. (Kemenkopolhukam)
Menkopolhukam Wiranto saat berdialog dengan pengungsi yang hendak kembali ke Wamena. (Kemenkopolhukam)

Menkopolhukam Jenderal (purn) TNI Wiranto, didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, melepas langsung keberangkatan 106 pengungsi yang tertahan selama seminggu di Jayapura, untuk kembali ke Wamena, dengan menggunakan Pesawat Hercules milik TNI AU, Rabu (9/10).

Dalam pelepasan yang dilakukan di Base ops. Lanud Silas Papare Jayapura Wiranto mengatakan, kembalinya para pengungsi menandakan kondisi di Wamena sudah jauh lebih aman dan kondusif. Ia pun meyakinkan siapa pun yang ingin kembali atau datang ke Wamena, tidak perlu takut.

"Kita bisa lihat pagi ini bahwa ada 102 orang yang dipulangkan ke Wamena, jadi bisa kita simpulkan bahwa situasi disana sudah aman dan kondusif. Jangan takut lagi untuk kembali ke Wamena. Kita bisa lihat, bahwa warga sudah rindu untuk kembali memulai kembali usaha yang sudah dirintis, mereka yakin hidup mereka di sana," kata Wiranto yang didampingi Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek. 

-
(Kemenkopolhukam)

 

Wiranto pun mengimbau para pengungsi yang masih bertahan di Jayapura maupun yang sudah terlanjur kembali ke kampung halamannya di luar Papua. Untuk bersedia kembali lagi dan melanjutkan kehidupan di Wamena.

  • "Dengan kembalinya ratusan warga hari ini, semoga bisa dilihat oleh warga lain yang sudah mengungsi untuk kembali. Situasi disana sudah aman dan kondusif, kita harap warga yang masih mengungsi ke Jayapura segera kembali untuk kembali beraktivitas seperti awal," tandasnya.

Ditambahkan olehnya, pasca kejadian ini, seluruh warga di Wamena diharapkan dapat menjaga persaudaraan dan kedamaian di Wamena. Untuk memastikan kondisi Wamena tetap kondusif, aparat TNI-Polri siap melindungi masyarakat beraktivitas sehari-hari.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X