Pengamat Menilai TNI Makin Sejahtera di 2020, Ini Alasannya

- Senin, 7 Oktober 2019 | 20:31 WIB
Ilustrasi prajurit TNI. (Antara/Rahmad)
Ilustrasi prajurit TNI. (Antara/Rahmad)

Kesejahteraan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus menanjak di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada 2020, pemerintah berencana meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi dalam perayaan HUT Ke-74 TNI di Halim Perdanakusuma, Sabtu (5/10). Pada kesempatan itu juga, Jokowi mengutarakan upaya pemerintah untuk memberikan kredit perumahan untuk prajurit hingga waktu 30 tahun.

Menurutnya, kebijakan itu terkait dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI.

Pengamat Militer dari Universitas Padjajaran Muradi mengatakan, kondisi kesejahteraan TNI semakin baik dengan kebijakan tersebut. Bahkan menurutnya, kenaikan gaji dan renumerasi prosentasenya tertinggi dibanding institusi negara lainnya.

"Kalau kondisi hari ini, TNI mulai dari gaji dinaikkan dan renumerasi juga dinaikkan dan itu tertinggi loh di antara institusi negara lainnya di Indonesia," kata Muradi saat dihubungi, Senin (7/10).

Muradi juga menambahkan, anggota TNI juga bakal menikmati fasilitas menarik lainnya. Selain gaji, lanjutnya, anggota TNI juga mendapatkan tunjangan seperti PNS lainnya seperti kesehatan, kinerja, dan beberapa tunjangan lainnya.

Sementara itu, perhatian pemerintah terhadap TNI tak hanya sekitar gaji dan fasilitas. Jokowi juga mengungkapkan, bakal meningkatkan anggaran pertahanan pada 2020 menjadi Rp131 triliun. Itu artinya anggaran pertahanan naik Rp10 triliun dibandingkan dengan 2019, yaitu Rp121 triliun. (MA)

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X